Jatim RayaPemerintahan

Ini Resep Gubernur Khofifah Jaga dan Rawat Persatuan dan Kesatuan

25
×

Ini Resep Gubernur Khofifah Jaga dan Rawat Persatuan dan Kesatuan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut ada tiga resep utama dalam merawat dan menumbuhkan sikap toleransi sebagai wujud menjaga persatuan di tengah pluralisme dan keberagaman di Tanah Air.

Menurutnya, semua ummat beragama harus mengedepankan Mutual Understanding, Mutual Respect, Mutual Trust (saling mengerti, saling menghargai dan saling percaya). Ketiga hal tersebut harus terus dibangun guna memberikan kesejukan kepada masyarakat.

“Resep lainnya adalah menyukuri berbagai perbedaan tersebut sebagai sebuah rahmat yang diturunkan  Allah Tuhan  Yang Maha Kuasa kepada Bangsa Indonesia,” ungkapnya saat menghadiri perayaan Natal bersama TNI-Polri, ASN dan Masyarakat Tahun 2021 di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (14/1).

Ditengah perbedaan tersebut maka semua warga negara dituntut untuk mampu saling  membangun toleransi satu sama lain. Dengan toleransi, kata dia, maka harmoni dapat senantiasa tercipta.

Dalam perayaan Natal  dan Tahun Baru yang berlangsung  dengan protokol kesehatan yang ketat  itu, Khofifah mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi bukti tingginya upaya membangun persaudaraan antar umat beragama di Jatim.

Kegiatan seperti ini menjadi momentum untuk membangun sekaligus memberi penguatan persaudaraan dengan tulus ikhlas. Tak hanya itu, kegiatan seperti ini juga mengajarkan kepada seluruh umat untuk senantiasa membangun cinta kasih diantara ummat sesama. “Dengan memiliki modal cinta dan persaudaraan diantara sesama, kita tidak akan mudah dimasuki hal-hal negatif yang dapat memecah persaudaraan  intern dan antar umat beragama,” terang Gubernur Khofiah.

Diakhir, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir baik jajaran TNI-Polri- ASN  yang telah bersama sama menjaga dan mewujudkan rasa persaudaraan dengan tulus ikhlas antara lain melalui kegiatan bersama. “Persaudaraan  dengan tulus ikhlas ini saya yakin akan menjadi perekat ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

Sebagai informasi, Natal 2021 yang digelar di Mapolda Jatim ini mengambil tema “Melalui Natal 2021 Kita Wujudkan Cinta Kasih Kristus Melalui Persaudaraan yang Tulus Ikhlas dalam Menjalankan Tugas”.

Adapun rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan pada perayaan Natal Tahun 2021 adalah melakukan bhakti sosial di panti asuhan hingga pelaksanaan donor darah gabungan dari TNI – Polri bersama para ASN.

Turut hadir, antara lain Pangdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi, Dankodikopsla Laksma Oktavianus Budi, Kapoksahli Koarmada II Laksamana Eko, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Much Sulchan, dan beberapa kepala OPD di lingkup Pemprov Jati. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *