Intip Serunya Bu Risma saat jadi Penjual Bakso Dadakan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ada momen menarik, ketika Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini seusai giat bersih-bersih saluran di kawasan Taman Apsari Surabaya, Sabtu (22/02/2020) pagi.

Kala itu, waktu sudah menunjukkan sekitar pukul 11.30 Wib, dan adzan dzuhur pun telah berkumandang, sontak Wali Kota Risma mengajak seluruh jajarannya untuk beristirahat sembari makan siang di salah satu kedai bakso dekat lokasi kerja bakti.

Beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkot Surabaya yang hadir, turut berkumpul di kedai tersebut untuk makan bersama.

Namun, rupanya Wali Kota Risma juga mengajak seluruh petugas lapangan yang terlibat dalam giat bersih-bersih untuk ikut makan bersama.

Mereka yang terdiri dari Satgas PU Bina Marga dan Pematusan, petugas DKRTH (Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau), jajaran Linmas, Satpol PP dan Dishub, dipanggil agar beristirahat dan makan siang bersama di kedai bakso itu.

“Ayo-ayo ke sini semua istirahat, makan-makan dulu,” ujar Wali Kota Risma kepada para petugas lapangan yang sedang bekerja.

Satu-persatu, semua petugas lapangan pun terlihat menghentikan pekerjaannya, mereka kemudian menuju salah satu kedai bakso yang berada di sekitar lokasi giat bersih-bersih.

“Pak ayo ke sini, ayo makan dulu. Tinggalen sek, ora-ora nek ilang alatmu (Pak ayo ke sini makan dulu, tinggal sebentar pekerjaannya, tidak hilang kok alatmu),” canda Wali Kota Risma saat memanggil salah satu Satgas PU yang masih terlihat bekerja.

Kedai bakso yang baru buka itupun dalam sekejab berubah menjadi ramai. Bahkan, sang penjual bakso terlihat begitu kewalahan menyiapkan hidangan pesanan.

Melihat hal itu, Wali Kota Risma mencoba untuk membantu mempercepat distribusi pesanan.

Tanpa canggung, orang nomor satu di jajaran Pemkot Surabaya inipun kemudian melayani sendiri pesanan bakso dan es campur tersebut.

Bahkan, sesekali, ia juga terlihat bercanda dengan mereka. “Sampean ngombe apa pak (anda minum apa pak)?” tanya Wali Kota Risma.

“Teh hangat bu,” jawab salah satu satgas PU.

“Gak ono teh anget iku (Tidak ada teh hangat itu). Kelapa muda gak gawe es gelem? (Kepala muda tidak pakai es, mau)?” tanya Wali Kota Risma kembali, sembari bercanda.

Melihat wali kota perempuan pertama di Surabaya yang menyiapkan sendiri hidangan bakso, hal ini sontak membuat para petugas lapangan berdiri di depan dan bergerombol. Mereka pun seperti tak sabar untuk menikmati hidangan bakso dan es campur ala Wali Kota Risma.

“Ayo lungguh-lungguh, guduk nang pasar iki. Gak lungguh gak didoli sampean (ayo duduk-duduk, bukan di pasar ini. Kalau tidak duduk, tidak dilayani anda),” canda Wali Kota Risma saat mengimbau para petugas lapangan agar duduk bersabar.

Seketika itu, suasana nampak begitu gayeng dan akrab ketika seluruh petugas lapangan makan bersama dan dilayani langsung oleh Wali Kota Risma. Bahkan, momen ini juga memantik orang-orang yang berada di sekitar lokasi untuk mengabadikannya dalam jepretan kamera. (q cox, and)

Reply