ITS Pertama Lakukan MoU secara Virtual dengan Universitas Pertahanan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali meluaskan kerja sama dengan perguruan tinggi lain. Kali ini, terkait kerja sama rencana pembentukan prodi baru Fakultas Teknik S1 Spesialisasi Pertahanan Universitas Pertahanan.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan Melalui platform Zoom Meeting, ITS dan Unhan membahas terkait kolaborasi dalam bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat terutama dengan dibukanya beberapa fakultas baru yang ada di Unhan, antara lain Fakultas MIPA Militer dan Fakultas Teknik Militer.

“Rencana kegiatan yang dibahas di antaranya penyiapan kurikulum, penyiapan lab, dan lainnya,” katanya.

Sebagai perguruan tinggi yang dipercaya menjadi payung besar pemerataan pendidikan Indonesia wilayah timur, ITS punya andil menunjang kebutuhan dalam kerja sama pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat Unhan.

Terlebih lagi prodi yang akan dirintis berkaitan dengan ilmu teknologi, ke depannya ITS juga akan mendelegasikan beberapa dosen untuk memberikan kuliah tamu,” lanjut Ashari.

Pada pertemuan tertutup ini juga dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Muda TNI Dr Amarulla Octavian ST MSc DESD; antara Fakultas Teknik Militer Unhan dengan dengan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS, Fakultas MIPA Unhan dengan Fakultas Sain dan Analitika Data ITS, Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan dengan dengan Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS, Fakultas Sain dan Analitika Data ITS, Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian ITS, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem ITS.

Penandatanganan MoU secara virtual ini merupakan yang kali pertamanya bagi ITS, disebabkan oleh adanya kebijakan social distancing guna pencegahan penyebaran Covid-19 saat ini. “Penandatanganan MoU secara online ini adalah kali pertama  bagi ITS. Meskipun begitu, semuanya bisa berjalan lancar,” tutup Ashari. (q cox, tama dinie)

Reply