Jabat Mensos, Posisi Tri Rismaharini Masih Wali Kota Surabaya Hingga Purna Tugas

SURABAYA (Suarapubliknews) – Melalui video call, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menginformasikan jika dirinya akan dilantik sebagai Menteri Sosial oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, besok Rabu (23/12/2020).

Menurut Risma, menjabat posisi sebagai Mensos adalah jabatan yang berat karena harus menangani persoalan seluruh masyarakat dalam skala yang sangat besar. Karena memang Kementrian Sosial bidang kerjanya menangani masyarakat yang kesulitan.

“Dari sisi tanggung jawab memang berat, karena menangani orang-orang yang kondisinya susah. Jadi mensos itu secara resmi setelah pelantikan,” tutur Risma.

Namun Risma mengaku sempat bertanya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal Surabaya, yang ternyata mendapatkan jawaban yang singkat, padat dan jelas, yakni tetap menjadi Wali Kota

“Tapi saya tadi juga matur (menyampaikan) ke Pak Presiden, pak bagaimana dengan Surabaya, wes ngak po2 Bu Risma, nanti bisa pulang pergi, gitu,” ucap Risma.

Terkait rangkap jabatan ini, Risma mengatakan jiki dirinya juga akan melakukan konsultasi dengan Mendagri. “Tapi jawabnya pak Presiden, sudah nggak pa-pa Bu Risma, nanti bisa riwa riwi Surabaya-Jakarta,” tandasnya.

Dengan demikian, maka Tri Rismaharini dengan terpaksa harus mengemban dua jabatan sekaligus, yakni sebagai Menteri Sosial dan Wali Kota Surabaya hingga habis masa jabatannya pada Bulan Februari 2020. (q cox)

Berikut video lengkap wawancara wartawan Surabaya dengan Tri Rismaharini via video call:

Reply