NasionalPemerintahan

Jaga Kebutuhan Pangan Masyarakat, Pemkab Tanbu Aktifkan Sitoni Keliling

15
×

Jaga Kebutuhan Pangan Masyarakat, Pemkab Tanbu Aktifkan Sitoni Keliling

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu kembali melaksanakan kegiatan mobile Toko Tani Indonesia Keliling (Sitoni Keliling).

Sitoni Keliling beroperasi di Gerbang Pintu Masuk di Perbatasan Kabupaten Banjar-Tanbu yakni Desa Emil Baru Kecamatan Mentewe, Selasa (22/06/2021).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kab Tanbu, Nahrul Fajeri, mengatakan kegiatan Sitoni Keliling ini sebagai apresiasi arahan Bupati HM Zairullah Azhar dalam hal membantu perekonomian masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Dengan program si Toni Keliling ini paling tidak sedikit meringankan beban daya beli masyarakat Desa Emil Baru untuk memenuhi kebutuhan pokok,” ucap Nahrul.

Nahrul menjelaskan Desa Emil Baru merupakan desa perbatasan yang jarak tempuh ke ibukota Kab Tanbu (Batulicin) jarak tempuhnya kurang lebih 97 km. Jarak tempuh yang cukup jauh dari pasar sehingga harga bahan kebutuhan pokok cukup tinggi.

Adanya Sitoni Keliling ini tentunya sangat membantu masyarakat karena bahan pokok harganya lebih murah dan terjangkau.

Bahan pokok yang dijual Sitoni diantaranya beras lokal kerjasama dengan Gapoktan PUPM Desa Salimuran, Gula Pasir kerjasama dengan Bulog, Minyak Goreng kerjasama dengan Distributor Gula di Kecamatan Kusan Hilir (Pagatan), Garam Dapur kerjasama dengan distributor di Pagatan, dan lainnya.

Selanjutnya, secara bertahap wilayah operasi Sitoni Keliling akan menuju Desa yang akses jalannya masih dalam pembenahan pemerintah daerah, yang jelas cukup jauh dari akses pasar/ ibukota.

“Keberadaan Sitoni ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena sangat membantu dalam memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau,” ucap Nahrul. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *