Jaga Kesehatan Warga di Tengah Pandemi, Ketua TP PKK Tanbu Minta Posyandu Digiatkan Kembali

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus memperioritaskan pembangunan dibidang Kesehatan. Ujung tombak kesehatan itu salah satunya penguatan Posyandu.

Maka dari itu Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Wahyu Windarti Zairullah minta agar kegiatan Posyandu digiatkan kembali.

“Meski saat ini pandemi Covid-19, namun pelayanan Posyandu jangan sampai mati suri. Untuk itu, saya minta agar Posyandu kembali dibuka,” sebut Ketua TP PKK Tanbu Hj. Wahyu Windarti Zairullah saat Rakoor Pokjanal Posyandu, Rabu (16/06/2021) di Sekretariat TP PKK Tanbu.

Menurut Hj. Wahyu Windarti, saat pandemi Covid-19 tidak sedikit Posyandu yang tidak aktif lagi. Hal ini tentunya sangat disayangkan karena akan berdampak pada terlantarnya gizi anak dan kesehatan ibu.

Ia menambahkan, Bupati HM. Zairullah Azhar sangat peduli dengan kesehatan masyarakat, salah satunya yaitu gizi anak dimana perbaikan gizi anak ini memberikan dampak yang besar bagi generasi penerus pembangunan bangsa.

“Pesan Bupati, perhatikan PKK Kecamatan dan Desa. PKK harus aktif di kegiatan dan turun ke desa. Tanpa PKK, pemerintah tidak bisa mencakup semua pembangunan karena PKK mitra kerja pemerintah mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Hj. Wahyu Windarti, posyandu harus aktif lagi walaupun pandemi Covid-19. Caranya yaitu dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Misalnya diatur dalam hal pelaksanaannya agar peserta posyandu tidak menumpuk. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) tidak dilaksanakan ditempat, tetapi dibawa kerumah dan lainnya.

Disisi lain, Hj. Wahyu Windarti juga minta agar Posyandu yang aktif agar ditingkatkan lagi pelayanannya.

Sementara itu, terkait Rakoor Pokjanal Posyandu, Bupati Tanbu HM. Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Ikhsan Budiman saat membuka Rakoor menyambut baik dengan dilaksanakanya Rakoor Pokjanal Posyandu, karena kegiatan itu sangat penting dan strategis sebagai upaya meningkatkan kualitas manajemen posyandu dalam memaksimalkan potensi pengembangan kualitas sumber daya manusia di Bumi Bersujud.

Adapun kegiatan Rakoor ini dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Plt Kadis PMD, Samsir, Rakoor Pokjanal Posyandu digelar dalam rangka mensukseskan Posyandu Banua terintegrasi, sinergitas lintas sektor menuju posyandu maju dan berkualitas.

Maksud dan tujuan dilaksanakanya Rakoor Pokjanal Posyandu ini yakni agar meningkatkan kinerja Pokjanal dalam rangka menurunkan dan mencegah anak stunting melalui posyandu.

Menggerakkan kegiatan posyandu yang berinovasi di desa, mensinergikan program dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada posyandu.

Peserta rakoor terdiri dari Ketua TP PKK Kab. Tanbu, SKPD terkait, Camat se-Tanbu, PKK Kecamatan se-Tanbu, Kepala Puskesmas se-Tanbu, dan undangan lainya. (q cox, Imran)

Reply