NasionalPemerintahan

Jaga Masa Depan Lingkungan, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Pengelolaan Sampah

43
×

Jaga Masa Depan Lingkungan, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Pengelolaan Sampah

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) persampahan. Kegiatan dibuka Bupati melalui melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Mukhlis, di Hotel Ebony Batulicin. Selasa (1/8/2023)

Dalam pidato, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi dengan dilaksanakannya kegiatan pembinaan teknis infrastruktur persampahan.

“Ini penting bagi kita semua. Utamanya untuk menghasilkan kesepahaman terhadap permasalahan pengelolaan sampah yang semakin hari semakin rumit. Jika tidak segera diambil kebijakan, berpotensi memperparah laju kerusakan lingkungan,” ucapnya.

Menurutnya, menangani sampah memang persoalan yang tidak mudah. Karena semakin meningkatnya jumlah penduduk di barengi pula dengan semakin tingginya tingkat konsumsi dan tidak sebanding dengan ketersediaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) untuk menampungnya.

Mukhlis menambahkan salah satu pilar pelaksanaan tata kepemerintahan yang baik adalah komitmen pada lingkungan hidup.

Itu berarti diperlukan penanganan pengelolaan sampah yang tetap ber-asaskan pada pelestarian lingkungan hidup.

Agar pengelolaan sampah dapat terorganisir dengan baik. Juga diperlukan peran penting sektor swasta melalui konsep kemitraan bersama. Serta adanya aturan hukum yang tegas menguraikan hak dan kewajiban seluruh komponen yang terlibat dalam pengelolaan sampah.

Kepala Dinas PUPR Tanbu melalui Sekretaris Muhammad Yusri mengatakan tujuan kegiatan ini agar Kelompok Pemanfaat dan Pemberdaya (KPP) dan masyarakat memahami teknis pengelolaan dan infrastruktur persampahan.

“Ada 75 peserta yang mengikuti terdiri dari Kepala Desa, KPP, Petugas Pengelolaan Sampah, dan SKPD terkait,” ujar Yusri. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *