Jaringan ‘Ngadat’, Tes CPNS di Tanah Bumbu Terganggu

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non Guru telah berjalan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tanah Bumbu. Senin (20/9/2021) pagi.

Saat tes akan dimulai, ternyata materi soal seleksi untuk peserta belum bisa terkoneksi di ruang tes. Gangguan ini diduga bersumber dari server Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta bermasalah, padahal ratusan peserta CPNS dan PPPK Non Guru telah memadati Kantor BKD Kabupaten Tanah Bumbu di kawasan Perkantoran Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin.

Kegelisahan para pelamar yang mengenakan kemeja putih bawah hitam tampak terlihat, karena proses seleksi sesi pertama di hari ke empat melalui sistem berbasis computer assisted test (CAT) ini belum juga dimulai.

Dampaknya, mengharuskan peserta menunggu di luar dengan wajah-wajah tegang. Bahkan diantaranya ada yang mengeluhkan jika merasa lapar karena belum sempat sarapan, karena harus berangkat pagi.

“Kami lapar pak, belum sempat sarapan. Soalnya tadi berangkat pagi-pagi takut terlambat. Eh ternyata malah gangguan,” ucap sejumlah peserta serentak.

Beruntung panitia lokal langsung mengantisipasi kondisi ini dengan menyiapkan minuman serta makanan ringan dan kue bagi mereka.

Koordinator Tes SKD Tanah Bumbu Kanreg VIII Banjarmasin, Noor Afiad, SH mengklaim ‘ngadatnya’ server CAT karena gangguan jaringan internet telkom.

“Memang ada sedikit masalah terkait gangguan jaringan internet. Tapi ini sudah dikoordinasikan dengan pihak penyedia untuk menormalkannya,” ucap Noor Afiad.

Dia akui, secara keseluruhan sejak digelar Jumat (17/92021) kemarin, hingga sekarang berjalan lancar. Hanya tertunda beberapa jam karena masalah internet.

“Terutama waktu dampaknya, jadwal berubah awalnya dimulai jam 08.00 Wita harus molor,” Imbuhnya.

Ungkapan berbeda datang dari panitia lokal. Menurut Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi (PPI) BKD Tanah Bumbu, Muhammad Jaelani, SH, gangguan bukan pada jaringan internet, tapi masalah koneksi server di BKN Pusat.

“Informasi dari panitia BKN Pusat, server mengalami kendala. Sehingga pelaksanaan seleksi sesi I molor,” terangnya.

Ia menyebutkan, hal serupa juga terjadi saat pelaksanaan seleksi dihari kedua, Sabtu (18/9/2021) kemarin. Akibatnya tes SKD Tanah Bumbu molor hingga malam hari.

“Iya satu sesi terpaksa diundur. Tak ayal kegiatan yang dilaksanakan hingga sesi keempat baru kelar jam 9 malam,” bebernya.

Dengan kondisi ‘ngadat’ ini, ia memprediksi pelaksanaan hari ini juga bakal seperti sebelumnya karena mengalami masalah serupa.

Ditambahkan Jaelani, jumlah peserta CPNS dan PPPK Non Guru kali ini sebanyak 1.701 pelamar. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kalsel dan diluar provinsi.

“Sementara formasi yang disediakan sebanyak 76 bagi CPNS dan 331 untuk PPPK Non Guru,” tutupnya.

Dijelaskan materi kompetensi tes CPNS dan PPPK berbeda. Untuk CPNS 3 kompetensi dengan durasi 100 menit. Sementara PPPK estimasi 170 menit dengan tes 4 kompetensi setiap sesinya.

Nantinya akan diambil 3 besar bagi setiap formasi untuk dites lanjutan di November 2021 mendatang. (q cox, Imran )

Reply