NasionalPemerintahan

Jelang Nataru, Pemkab Tanbu Terjunkan Satgas Pemantau Kebutuhan Pokok

8
×

Jelang Nataru, Pemkab Tanbu Terjunkan Satgas Pemantau Kebutuhan Pokok

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Satgas Pangan memantau harga bahan kebutuhan pokok disejumlah distributor dan pasar yang ada di wilayah Kecamatan Simpang Empat, Kamis (17/12/2020) pagi.

“Kegiatan ini dilaksanakan guna memantau stabilisasi harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021,” ujar Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab. Tanbu, H. Denny Harianto.

Satgas Pangan yang melakukan pemantauan harga terdiri dari Disdagri, Dinas Ketahanan Pangan, Polres Tanah Bumbu, dan Bagian Perekonomian Setda Tanah Bumbu.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi pengawasan distribusi, ketersediaan dan harga bapok/sembako.

Hasil pemantauan dilapangan distribusi bapok lancar dan ketersediaan bapok sampai 3 bulan kedepan kondisi masih terkendali .

Sedangkan harga bapok secara umum juga tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

Terdata ada beberapa komponen bapok yang mengalami kenaikan seperti minyak goreng curah dari harga Rp. 11.400,- menjadi Rp. 13.000,-/liter.

Kemudian, cabe rawit, cabe merah besar dan cabe keriting mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp. 45 ribu per kg sekarang menjadi Rp. 60 ribu per kg.

Telur ayam ras ada kenaikan Rp. 2 ribu per kg dari harga Rp. 24 ribu menjadi Rp. 26 ribu per kg.

Satgas Pangan menghimbau kepada pedagang agar menjual bapok dengan harga yang wajar.

Masyarakat juga dihimbau agar membeli sesuai kebutuhan dan tidak melakukan aksi borong yang dapat memicu kenaikan harga diluar kewajaran. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *