NasionalPemerintahan

Jelang Ramadhan, Tim Gabungan Pemda Tanbu Bergerak Pantau Harga

38
×

Jelang Ramadhan, Tim Gabungan Pemda Tanbu Bergerak Pantau Harga

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Satgas Pangan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pemantauan stok pangan menjelang ramadhan 1442 hijriah. Pelaksanaan pemantauan digelar pada hari Selasa (21/3/2023).

Satgas pangan terdiri dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKP2), Bagian Perekonnomian SDA dan Administrasi Pembangunan Setda, dan Polres Tanbu.

Kepala DKUMP2 Tanbu, Deny Haryanto mengatakan Satgas Pangan Tanbu menjelang ramadhan atau tepatnya H-2 melakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok vital di sejumlah gudang distributor yang ada di Bumi Bersujud.

“Hasil pantauan, stok pangan cukup tersedia untuk memenuhi selama bulan ramadhan seperti minyak goreng, gula, beras, tepung, susu, teh, mie instan, cabe, daging sapi, daging ayam ras, telur itik, telur ayam, dll,” kata Deny.

Dikatakanya, stok pangan tersedia dilihat dari hasil survei yang dilakukan Satgas Pangan pada beberapa distributor besar antara lain PT Bintang Sinar Jaya, CV Surya Kencana, dan PT JAR Batulicin.

Meskipun stock dalam kondisi stabil, namun harga di tingkat pasar tradisional tetap mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan, hal yang biasa terjadi setiap tahun apabila mendekati kegiatan Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) berlangsung.

Adapun bahan pangan mengalami kenaikan dari seminggu yang lalu yaitu :

1. Cabe merah keriting naik, dari harga Rp55.000/kg menjadi Rp60.000/kg,

2. Cabe merah besar naik dari harga Rp50.000/kg menjadi Rp60.000/kg,

3. Bawang Putih dari harga Rp30.000/kg naik menjadi Rp35.000/kg,

4. Telur Ayam Ras dari harga Rp28.000/kg naik menjadi Rp29.000/kg,

5. Daging ayam ras naik dari harga Rp23.000/kg menjadi Rp24.000/kg.

“Semoga kondisi stok yang aman akan berdampak pula pada kestabilan harga, sehingga walaupun ada kenaikan masih ditingkat yang wajar setiap menjelang HKBN,” ucapnya.

Kegiatan ini, kata Deny akan tetap kita lanjutkan dalam beberapa minggu kedepan untuk memantau dan memastikan stok dan harga, serta distribusi barang dalam kondisi aman dan lancar. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *