Kembali Unggul di Tingkat Nasional, Pemkot Surabaya Raih 6 Thropy di Kompetisi Kehumasan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Prestasi spektakuler kembali diraih oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam bidang kehumasan. Dalam ajang kompetisi kehumasan atau public relation (PR) paling komprehensif se-Indonesia, Pemkot Surabaya memborong enam thropy, yakni dua Gold Winner, tiga Silver Winner, serta Platinum.

Pengumuman The 5th PR Indonesia (PRIA) 2020 dilaksanakan via online pada Senin (20/04/2020), melalui kanal Youtube, seiring mewabahnya Covid-19.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengapresiasi kinerja kolektif tim Humas Pemkot Surabaya hingga berhasil meraih sejumlah prestasi tersebut. Menurutnya, di setiap kompetisi kehumasan, Bagian Humas Pemkot Surabaya rutin mendapatkan sejumlah penghargaan.

Namun demikian, penghargaan dalam event yang prestisius tersebut bukanlah tujuan utama. Baginya, mampu memberikan pelayanan yang maksimal kapada masyarakat adalah harapan yang sesungguhnya.

“Untuk itu, pelayanan di bidang kehumasan harus terus ditingkatkan. Melalui berbagai cara dan upaya yang efektif guna mewujudkan penyampaian informasi yang cepat, tepat. Transparan dan obyektif,” kata Febriadhitya.

Mantan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Satpol PP Kota Surabaya ini mengatakan, peran humas begitu strategis. Pasalnya, Bagian Humas mengemban visi untuk mewujudkan pemahaman yang sama antara pemerintah kota dan masyarakat terhadap berbagai kebijakan yang disosialisasikan.

“Di sisi lain, adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” terangnya.

Febriadhitya mengakui, di era digital, pola yang diimplementasikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terus berubah. Perubahan tersebut dilakukan seiring mengikuti kemajuan zaman. Seperti saat ini, dengan boomingnya penggunaan media sosial dalam berinteraksi sosial. Tak heran, jika publikasi, sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya melalui Bagian Humas juga menggunakan media sosial.

“Kita manfaatkan media sodial, mulai dari twitter, facebook, Whatsapp dan lainnya dalam mendukung tugas-tugas kehumasan,” paparnya.

Di ajang kompetisi kehumasan tingkat nasional, Enam Thropy yang didapat oleh Pemkot Surabaya masing-masing untuk kategori Departemen Public Relation (PR) dan Tata kelola Kehumasan, serta the Most Popular in Media Mainstream – Media Monitoring. Sedangkan, Silver Winner, diraih untuk kategori Media Cetak dengan produk Majalah “Gapura”, Digital Public Relation melalui Website “Bangga Surabaya”, serta Media Sosial. (q cox)

Reply