Jatim RayaNasionalPemerintahan

Kembangkan UMKM, Emil Dardak Gandeng OJK Detailkan Program Pembiayaan Fintech

13
×

Kembangkan UMKM, Emil Dardak Gandeng OJK Detailkan Program Pembiayaan Fintech

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) – Dalam rangka mengembangkan UMKM di Jawa Timur, pemprov terus melakukan sejumlah langkah untuk memperkuat layanan pembiayaan berbasis financial technology (fintech).

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan, bahwa perkembangan Fintech hari ini harus ditangkap sebagai peluang sekaligus menjawab kekosongan celah celah yang banyak dibutuhkan oleh para pelaku pelaku UMKM untuk mengakses pembiayaan.

“Kita mengetahui bahwa sekarang banyak sekali pembiayaan mapun kredit lunak namun para pelaku usaha juga membutuhkan pembiayaan berbasis equitas atau modal. Karenanya perlu duduk bersama membahas detail program pembiayaan fintech bagi UMKM seperti apa,” katanya saat menemui Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tris Yulianta di Kantor OJK, Gedung Wisma Mulya II, Jakarta, Kamis (10/3).

Dengan menggandeng OJK yang fokus pada segala hal terkait Fintech ini, lanjut Emil, akan memberikan sinergi dan kolaborasi yang nantinya bisa membuat platform yang bisa diakses oleh para pelaku UMKM.

Selain itu, calon wirausaha yang akan melakukan usaha melalui mitranya menanamkan modalnya yang dalam Fintech dikenal sebagai Crowdfunding atau urun dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha. “Kedatangan kita ke OJK ini yang akan terus kita dalami sehingga para pelaku UMKM sebagai Crowdfunding dari Jawa Timur bisa terwujud,” tegas Wagub Emil.

Melihat kondisi tersebut, Emil melanjutkan, bahwa Pemprov Jatim melalui Dinkop UMKM Prov. Jatim secara gradual akan menyosialisasikan sekaligus mengintensifkan berbagai langkah besar secara bersama sama untuk mendorong UMKM berdaya saing dan naik kelas.

Sementara itu, Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tris Yulianta mengatakan, pertemuan pada hari ini sangatlah produktif dimana Pemprov Jatim bersama OJK membahas peran peran Fintech untuk mendukung peran UMKM.

Menurutnya, banyak beberapa langkah dari UMKM yang belum bisa terpenuhi dan keterbatasan peran Bank yang disinilah peran dari Fintech bisa dioptimalkan. Dengan harapan, UMKM bisa terbantu dari banyak sisi utamanya pembiayaan maupun sisi crowdfundingnya sehingga membantu kekuatan sisi UMKM-nya.

“Kami siap mendampingi pemain-pemain fintech dalam membiayai UMKM di sektor produktif. Karena suport tenaga kerja terbesar saat ini berasal dari sektor UMKM. Dengan banyaknya kontribusi yang diberikan kepada UMKM akan memberi dampak besar pula bagi kontribusi masyarakat kita,” tutupnya.

Sebagai bentuk informasi, kedatangan Emil ke OJK ini salah satunya mendiskusikan sekaligus ingin mendapatkan informasi yang memadai terkait dengan penyelenggaraan kegiatan usaha Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *