Kenapa PDIP Menjadi Partai Paling Dipilih Kalangan Nahdliyin di Surabaya? Ini Penjelasan SSC

SURABAYA (Suarapubliknews) – Direktur Riset SSC, Edy Marzuki mengungkapkan bahwa PDIP menjadi partai politik yang paling dipilih oleh kalangan Nahdliyin. Hal itu terungkap melalui hasil riset yang dilakukan dengan responden masyarakat Jatim.

Terkait hal tersebut, Edy Marzuki juga mengungkapkan jika PDIP berada di posisi pertama diikuti oleh PKB dan Gerindra di posisi kedua dan ketiga.

“PDIP meraih 48,9 persen, sedangkan PKB 9,4 persen, dan Gerindra 8,3 persen”, urainya.

Lebih lanjut Edy menambahkan, Demokrat memiliki perolehan 6,3 persen, sedangkan Golkar dengan 4,8 persen, PKS dengan 3,7 persen, Nasdem 3,6 persen, kemudian PAN dan PPP keduanya 1,6 persen, Perindo 1,1 persen.

“Sisanya kurang dari 1 persen, yakni PSI 0,6 persen, lalu Hanura, PBB, Garuda, Gelora, dan PKN semuanya kompak dengan 0,2 persen  Bahkan Partai Ummat dan Buruh benar-benar tidak mendapat pilihan dari perempuan, yakni 0,0%”, urai Edy.

Meski demikian, Edy mengatakan jika ceruk di masyarakat Surabaya masih sangat terbuka lebar bagi seluruh partai.

“Karena masih ada 9,1 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Dengan jumlah sebanyak ini, yang bisa merangkul mereka bisa menyalip di tikungan akhir” pungkasnya.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 1-10 Januari 2023 di 31 kecamatan di Kota Surabaya. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid. (Q cox)

 

Reply