Peristiwa

Kolaborasi ACI & Komunitas Disabilitas Berkarya Gandeng YPAB Sambut Hari Musik

32
×

Kolaborasi ACI & Komunitas Disabilitas Berkarya Gandeng YPAB Sambut Hari Musik

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Aksi Cinta Indonesia (ACI) bersama komunitas Disabilitas Berkarya berkolaborasi gelar pertunjukan musik dengan menggandeng anak-anak penyandang tuna netra dalam rangka menyambut Hari Musik Nasional 2023 yang jatuh pada 9 Maret. Kegiatan ini merupakan kampanye sosial bertajuk “Setara Dalam Berkarya” yang digelar di Pendopo Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta (YPAB),

CO Founder Disabilitas Berkarya Eko Doto Nugroho mengatakan, manfaat dari kegiatan bertema “Senandung dalam Kesetaraan” ini, pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa musik untuk anak-anak itu masih ada.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan musik anak-anak. Dalam hal ini, ACI yang basic-nya banyak berperan menghasilkan karya musik anak untuk generasi anak-anak Indonesia. Sedangkan dari YPAB, dengan kemampuan di sektor alat-alat musiknya, dalam hal ini sangat bersinergi dalam rangkaian kolaborasi ini,” katanya

Dirinya berharap kolaborasi ini terus berkelanjutan, karena pihaknya ingin memberikan ruang yang setara untuk anak-anak yang normal dengan anak-anak berkebutuhan khusus. “Kami pastikan mereka memiliki ruang yang sama, mereka sama-sama memiliki kemampuan yang luar biasa, mereka juga punya hak untuk karya mereka ditampilkan atau diapresiasi masyarakat dan negeri ini,” tambahnya

Pertunjukan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB  itu dibuka dengan penampilan anak-anak penyandang tuna netra naungan YPAB yang membawakan lagu Heal The World menggunakan alat musik tradisional angklung. Selain membawakan lagu barat, anak-anak YPAB juga membawakan berbagai macam lagu lokal seperti Semanggi Surabaya, Bahasa Kasih, Bunda Tiara, dan lain-lain.

Tidak sendirian, anak-anak YPAB juga tampil berkolaborasi dengan anak-anak dari ACI membawakan berbagai macam lagu. Ada medley lagu Bunda Tiara dan Untuk Tuhan, kemudian lagu-lagu seperti Sahabat Setia, Dunia Tipu-Tipu, Menggapai Cita, Cerita Kakek dan Tanah Airku juga dibawakan oleh anak-anak dari YPAB dan ACI.

Kepala Sekolah SMPLB-A YPAB Eko Purwanto mengatakan siswa YPAB memang sudah sering bermain musik dan juga mengikuti lomba. Beberapa kali dari lomba tersebut siswa YPAB menyabet juara. Ia berharap, dengan adanya kegiatan kolaborasi ini dirinya berharap anak-anak lebih giat lagi dalam bermain musik.

“Adanya kolaborasi dengan ACI, mungkin juga kolaborasi dengan yang lain, bisa membangkitkan minat anak dalam bermain, khususnya untuk mereka yang punya bakat bermain musik,” tutupnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *