KOMPAK Cegah Covid-19, Pemuda Desa di Sidoarjo Gotong Royong Semprot Disinfektan 

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Belasan remaja Desa di Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga, langkah antisipasi dan memutus rantai penyebaran virus coronan ini dilakukan secara swadaya masyarakat.

Penyemprotan disinfektan yang dilakukan para pemuda warga RT.02 RW.01 Desa Wonokasian, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo itu merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Abdul Rojab mengatakan, penyemprotan dilakukan di seluruh rumah warga RW.01 Desa setempat.

“Sasaran penyemprotan disinfektan ini terutama pintu depan rumah, pilar teras, gagang pintu gerbang dan ruang tamu,” kata Abdul Rojab dilokasi, Minggu (29/03/2020) siang.

Makin Maarif warga setempat yang juga ikut menyemprot menambahkan, penyemprotan pada hari libur minggu dilakukan supaya bisa hingga didalam ruang tamu. Kegiatan ini dirasa memang perlu dilakukan secepatanya untuk pencegahan penyebaran virus mematikan yang kini semakin masif penyebarannya.

“Ini harus dilakukan secepatnya, mendukung kegiatan pemerintah jug dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” kata Makin.

Dikatakan Makin, Kegiatan inisiatif para rekan rekan pemuda RT.02 ini diterima sangat baik oleh para warga, wargapun sangat senang ada penyemprotan. iapun juga berharap hal ini bisa dicontoh oleh para pemuda-pemuda di RT ataupun RW yang lain di wilayah kabupaten Sidoarjo.

“Kita lakukan penyemprotan secara mandiri karena menunggu pemerintah Desa kita belum ada kabar untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Jadi ya teman-teman berinisiatif adakan iuran untuk menyemprot ratusan rumah warga dan tempat umum ini,” ujar Makin.

Untuk diketahui, leta Penyebaran Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menginfokan, bahwa hingga 28 maret 2020, tercatat sebanyak 93 orang berstatus ODP (Orang dalam pemantauan), 48 PDP (Pasien Dalam pengawasan, 9 Orang Positif sedang dilakukan perawatan intensif di beberapa Rumah sakit rujukan di Sidoarjo. Dan korban meninggal di Sidoarjo sebanyak 3 orang dua diantaranya warga Asli Sidoarjo satu warg ber KTP Surabaya tinggal di Sidoarjo. (q cox, drie)

Reply