Jatim RayaPemerintahan

Kunjungi TPA Jabon, Ini Harapan Gubernur Khofifah

8
×

Kunjungi TPA Jabon, Ini Harapan Gubernur Khofifah

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Tempat Pemprosesan Akhir Jabon Sidoarjo diharapkan mampu mengembangkan modernisasi pengolahan sampah. Ini penting, karena modernisasi tersebut bisa memberikan multiplier effect yang menghasilkan pendapatan baru bagi masyarakat di Sidoarjo.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau TPA Jabon, yang berada di Kabupaten Sidoarjo. “Yang dibutuhkan saat ini adalah modernisasi pengolahan sampah untuk menghasillan end product yang variatif.  Dan harapannya ini bisa menghasillan sumber income baru bagi masyarakat di Sidoarjo,” katanya.

Setibanya di TPA Jabon, Gubernur Jatim disambut oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dan Kepala Badan Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jatim M. Reva Sastrodiningrat serta langsung menyerahkan bantuan sembako kepada 40 orang pekerja di TPA Jabon.

Selanjutnya, Gubernur Khofifah bersama rombongan mengelilingi dan meninjau langsung beberapa area pengembangan TPA Jabon meliputi ruang composting, ruang shoting hingga ke lahan landfill.

Untuk diketahui, TPA Jabon Sidoarjo merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR dengan pemerintah Jerman. Dengan sistem multiyears contract mulai dari tahun 2018 dan berakhir pada Desember 2020.

TPA Jabon Sidoarjo ini sendiri, menggunakan sistem sanitary landfill dengan luas mencapai 5,8 hektar. Kapasitas pengolahan sampahnya mencapai 450 ton per hari, dengan perkiraan umur sekitar 5-7 tahun.

Sedangkan, untuk area pengolahan sampahnya dibagi dalam dua jenis.Yang pertama yakni Composting, dikhususkan untuk sampah hijau yang diolah menjadi pupuk kompos, seperti sampah bekas sayur dan sebagainya. Dimana, kapasitas kompostingnya bisa 35 ton per hari dan hasil ahir komposnya sekira 15 ton perhari.

Kemudian bagian shorting, yang berfungsi untuk memilah sampah plastik. Ada juga Leachete yang berfungsi memfilter air lindi atau air sampah untuk diolah agar baku mutunya terkontrol dan air bisa dibuang ke sungai.

Modernisasi pengolahan sampah salah satunya bisa dilakukan dengan mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Jika ada pengembangan PLTSa di sini, maka nantinya akan ada energi yang bisa dihasilkan dari PLTSa tersebut.

Sehingga nantinya power plant mungkin bisa dibuat di TPA Jabon. “Kemungkinan 2 tahun ke depan bisa dipakai PLTSa. Kalau nanti ada PLTSa di sini, bisa mengurangi  penggunaan landfill di sini,” papar Khofifah.

Selain PLTSa, modernisasi pengolahan sampah juga bisa dilakukan untuk menghilangkan aroma sampah di sini sehingga end product TPA  ini tidak beraroma. Dengan demikian TPA Jabon nantinya bisa dijadikan wisata edukatif untuk anak-anak di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya.

“Melalui wisata edukatif ini bisa mengajak mereka mengenal  pola hidup bersih dan sehat . Sehingga mereka terkonfirmasi ada modernisasi teknologi pengolahan sampah. Sampah yang tidak beraroma itu akan menjadi hal baru yang bisa diperkenalkan kepada masyarakat terutama anak-anak dan siswa,” tambahnya.

Selain itu, Khofifah juga mengapresiasi, ruang composting yang dimiliki TPA Jabon. Melalui ruang composting ini diharapkan menghasilkan kompos yang kemudian bisa diolah menjadi pupuk organik.

Sehingga pupuk organik ini bisa digunakan untuk sektor pertanian di Kabupaten Sidoarjo dan sekitarnya. “Pupuk organik itu menjadi kebutuhan hari ini karena bisa memberikan harapan untuk mendapatkan support yang lebih sehat bagi sektor pertanian kita ,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Khofifah kembali mengingatkan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Untuk memudahkan proses pengolahan sampah, maka sebelum dikirim ke TPA ini bisa dilakukan pemilahan seperti sampah plastik, kaca, atau sampah basah. “Hal tersebut akan memudahkan proses pengolahan, meskipun juga akan dipilah kembali  di gedung sorting TPA Jabon,” jelasnya.

Di akhir, Khofifah juga menyampaikan bahwa TPA Jabon Sidoarjo sudah siap dioperasikan, dan akan siap diresmikan bulan ini. Untuk itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi pada Kementrian PUPR karena telah menyiapkan 4 titik TPA di Jatim.

Selain TPA Jabon Sidoarjo, juga TPA di Malang, Jombang dan Tuban. “Jadi kemarin kita sudah meninjau di TPA Malang dimana sudah siap operasi. Dan sekarang yang di TPA Jabon juga sudah siap operasi dan nanti Insyaaloh akhir tahun ini TPA Jombang  sudah bisa diresmikan  Sedangkan TPA di Tuban masih dalam proses lelang,” tandasnya.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, TPA ini merupakan hal yang wajib diperjuangkan. Karenanya, Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sidoarjo Tempat Pembuangan Sampah Pilahan (TPSP) di desa-desa akan diperkuat peran dan pengolahan sampahnya. Harapannya, yang terkirim di TPA ini sudah tereduksi sejak awal di TPSP tersebut.

Kepala BPPW Jatim M. Reva Sastrodiningrat menjelaskan, TPA ini akan meningkatkan pelayanan bidang sanitasi khususnya persampahan untuk Kabupaten Sidoarjo. “Insyaalah sudah bisa dimanfaatkan. Kami mohon dukungan dari Ibu Gubernur dan Bapak Bupati untuk segera dioperasionalkan. Sehingga TPA ini dapat bermanfaat,” pungkasnya. (q cx, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *