NasionalPemerintahan

Lakukan Diversifikasi Pangan, Pemerintah Daerah Tanbu Gelar Sosialisasi ‘One Day No Rice’

22
×

Lakukan Diversifikasi Pangan, Pemerintah Daerah Tanbu Gelar Sosialisasi ‘One Day No Rice’

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Pemerintah Tanah Bumbu melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir.H. Riduan, menggelar acara sosialisasi ‘One Day No Rice’ (satu hari tanpa nasi) di sekretariat PKK, di Kecamatan Simpang Empat, pada Rabu (16/11/2022).

Giat tersebut merupakan usaha untuk mengajak masyarakat memberikan variasi terhadap makanan pokok yang dikonsumsi, agar tidak terfokus hanya pada satu jenis saja, yang lazim dengan istilah Diversifikasi pangan

Untuk itu, Riduan mengajak seluruh masyarakat melalui pengurus PKK agar merubah prilaku pola makan yang tidak harus dengan nasi.

“Misalnya tiap pagi yang terbiasa makan nasi maka kita rubah hanya makan jagung atau singkong.dan apabila siang atau malam baru kembali makan nasi.,” ujarnya, seraya mengingatkan bahwa Diversifikasi pangan itu mutlak diperlukan, namun itu tanpa mengurangi kebutuhan gizi.

Dia menambahkan, Pemerintah menyambut baik dilaksanakan nya sosialisasi one Day No Rice ini.Kerena sosialisasi ini memiliki peran strategis dalam rangka melaksanakan program peningkatan Diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat melalui pelaksanaan pencapaian target konsumsi pangan perkapita sesuai dengan angka kecakupan gizi.

“Beras merupakan makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia,dan sudah menjadi ketergantungan bagi kebanyakan orang yang mengkonsumsi, sehingga ada istilah, apabila belum makan nasi maka belum dikatakan makan.,” jelasnya.

Untuk meluruskan anggapan masyarakat tersebut, maka perlu adanya pemahaman secara proporsional tentang gizi, ataupun mutu dan keamanan pangan agar dapat membantu masyarakat demi memahami kandungan gizi dari ragam dan jenis pangan satu sama lain ,hingga dapat saling menggantikan.

“Dengan itu kecukupan gizi dari bahan baku dan produk pangan yang lain tetap dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kita.,” paparnya.

“Saya berharap kepada seluruh peserta,ikuti kegiatan secara serius , sehingga nantinya dapat menekan angka konsumsi beras, yang selanjutnya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tanah Bumbu.,” tutupnya. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *