Lakukan Pembinaan Wilayah Ke Tanah Bumbu, Dinkes Prov. Kalsel Disambut Bupati Zairullah

BATULICIN (Suarapubliknews) – Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Selatan melakukan pembinaan wilayah ke Kabupaten Tanah Bumbu.

Rombongan Kepala Dinkes Provinsi Kalsel melalui Sekretaris Dinasnya Sukamto.SKM .M.Kes.tersebut disambut Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar di ruang rapat Bupati. Kamis (09/06/2022)

Disampaikan Sukamto, tujuan kunjungan ini yakni melakukan bimbingan wilayah melalui jajaran Dinkes Propinsi seluruh Kabupaten kota, untuk melakukan koordinasi dalam mengemban tugas terkait kesehatan.

Dalam kunjungan itu pula ungkapnya,tentu di situ ada kewenangan provinsi dan kewenangan Kabupaten kota.Kemudian ada beberapa program prioritas dan strategis yang harus di komunikasikan serta di sinergikan antara Dinkes provinsi dan Kabupaten.

“Misalnya standar pelayanan Minimal kesehatan dimana ada beberapa yang harus dikoordinasikan tentang bagaimana untuk mencapainya supaya sesuai target, baik ditingkat provinsi atau Kabupaten ,dan beberapa permasalahan yang up to date sekarang, maka perlu dipecahkan, perlu peran Dinkes Kabupaten ataupun Propinsi.” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Dinas Kesehatan ini juga menyinggung program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAN)

Menurutnya, tiada lain guna mengejar ketertinggalan cakupan vaksinasi dasar yang selama ini ada beberapa Kabupaten kota yang belum bisa mencapainya, sehingga perlu ditingkatkan vaksinasi tersebut.

“Tujuan BIAN ini adalah meningkatkan cakupan imunisasi dasar .kalau imunisasi dasarnya meningkat maka anak anaknya dan semuanya terlindungi dan tercegah dari penyakit, yang potensi pencegahan bisa dilakukan melakukan imunisasi.” paparnya.

Selain itu, persoalan penanganan Covid 19 di Tanbu dinilainya cukup baik ,dimana evaluasi tiap mingguan sering berada di level 1.

“Artinya pengendalian ini dapat dilakukan secara bagus dan dapat dikendalikan,namun harus tetap dilakukan kehati-hatian kerena kita harus tetap waspada atau tetap melakukan berbagai upaya protokol kesehatan secara baik dalam upaya penanganan kasus ini,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar turut mengapresiasi bahwa kunjungan pihak Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan dinilai sangat strategis. Terutama dalam hal pembinaan wilayah termasuk berbagai dasar program kesehatan yang prioritas.

Apalagi Kabupaten Tanah Bumbu ini katanya yang saat ini memiliki program unggulan yakni utamanya sumber daya manusia.

“kerena kita sangat tahu kalau bicara pembangunan maka kuncinya adalah SDM.pada dasarnya semua diintervensi dalam 3 hal yaitu kesehatan, pendidikan dan Ekonomi. Dalam 3 hal ini memang kita coba melakukan berbagai inovasi sehingga harapan kedepan kita akan mewariskan generasi generasi tangguh.,” ungkapnya.

“Hari ini kita bukan bicara menuntaskan program tapi bagaimana menghasilkan cita cita dari kegiatan dengan harapan akan memberi makna bagi semuanya.” paparnya.

Menurutnya, dengan adanya pembinaan wilayah ini akan menjadi sebuah kekuatan bersama disaat memberikan keilmuan dan sekaligus membangun kebersamaan.

“kerena kata kunci keberhasilan adalah kebersamaan.,” imbuhnya. (q cox, Imran)

Reply