Lancarkan Akses Masyarakat, Dinas PUPR Tanbu Terus Lakukan Perbaikan Jalan Rusak

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu terus bertekad melakukan perbaikan jalan yang rusak, baik berada di dalam kota maupun yang ada di desa, karena kerusakan jalan berakibat terhambatnya akses dan aktifitas masyarakat

“Saat ini kami sudah melakukan perbaikan, contohnya jalan poros dharma praja gunung tinggi yang kerab terendam banjir, kini sudah di bangunkan jembatan Box Culvert atau saluran air, dengan panjang 12 meter dan lebar 2 meter di kerjakan dua tahap,” jawab Plt Kadis PUPR Kab.Tanbu M.Subhansyah, ST. MT, saat dikonfirmasi media ini, Rabu ( 19/5/2021)

Menurut M.Subhansyah, pekerjaan Box Culvert saluran air di jalan dharma praja gunung tinggi berlangsung dua tahap. “Untuk tahap pertama satu jalur dulu, kemudian dilanjutkan lagi jalur berikutnya hingga selesai,” sebutnya.

Selain itu, terkait proyek pemeliharaan jalan dan pembuatan saluran air (Box Culvert) pada tahun 2021, diantaranya pembangunan 2 titik Box Culvert berada di jalan dharma praja gunung tinggi Kecamatan Batulicin

Kemudian 1 titik perbaikan jembatan rangkai baja yang rusak dan jalan berlobang di daerah Kecamatan Karang Bintang, serta 1 titik perbaikan jalan yang ada di Kecamatan Kuranji 1 titik di Kecamatan Teluk Kepayang.

“Untuk proyek pemeliharaan jalan daerah, pada setiap tahunnya dinas (PUPR) sudah ada anggarannya, untuk tahun ini jumlah anggaran yang ada pada dinas kami sebesar Rp 600 Juta. Apabila masih tersisa dana anggaran ini, maka akan digunakan untuk proyek–proyek yang sifatnya harus dilaksanakan secara mendadak atau emergency,” terang Subhansyah.

Dalam kesempatan itu, Kabid Bina Marga Dinas (PUPR) Tanah Bumbu, Hernadi Wibisono mengatakan jika dua proyek pembangunan Box Culvert saluran air yang berada di jalan lintas dharma praja gunung tinggi tersebut di kerjakan oleh kontraktor CV Citra Berkah Nusantara, dengan anggaran biaya berkisar Rp 300 Juta.

“Walaupun sudah selesai proyek pembanguan dua jembatan Box Culvert saluran air di jalan dharma praja atau lebih di kenal jalan lingkar 30 itu,” saat ini masih ditutup dan belum bisa di lewati, karena cor dak semen Box Culvert itu masih dalam tahap pengeringan,” jelasnya.

Diperkirakan, ungkapnya, pada 6 Juni 2021 mendatang pihak Pemerintah Daerah melalui Dinas (PUPR) akan membuka jalan lintasan yang di bangun Box Culvert itu. “Artinya pengguna jalan sudah di perbolehkan melintas,” tutur Hernadi ke sejumlah awak media.

Hernadi mengaku jika sebenarnya pembangunan Box Culver yang ada di jalan dharma praja tersebut posisinya berada di dua lintasan jalan. Untuk jalur pertama sudah selesai di bangun, kemudian untuk melanjutkan pembangunan Box Culvert saluran air yang kedua akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 mendatang.

“Dalam pengerjaan proyek Box Culvert tahap yang kedua tersebut, terpaksa dinas (PUPR) Tanbu akan kembali melakukan penutupan jalan. Hal ini untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan raya,” pungkas Hernadi.(q cox, Imran)

Reply