Lindungi Arsip, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Srikandi

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), digelar di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat. Rabu (23/02/2022)

Bimtek Program kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (Dispersip) Tanah Bumbu ini dibuka Bupati Tanbu yang diwakili Plt. Kepala Dispersip Tanbu, Muhammad Yusri berlangsung selama 2 (dua) hari yakni 23 – 24 Februari 2022.

Sambutan Bupati melalui Plt. Kepala Dispersip Muhammad Yusri, mengatakan Bimtek ini penting dilaksanakan karena memiliki peran strategis dalam upaya mendukung terselenggaranya sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Srikandi.

Seperti diketahui bersama, Aplikasi Srikandi pada dasarnya merupakan integrasi antara pengelolaan arsip dinamis berbasis digital.

Oleh karena itu, melalui momentum Bintek ini, diharapkan peserta dapat mengikuti bimtek dengan serius dan sungguh-sungguh guna menghasilkan sumberdaya manusia yang memahami dan mampu mengaplikasikan Srikandi dengan baik, utamanya dalam menjaga dan menyelamatkan dan melindungi arsip-arsip di Pemkab. Tanbu.

Sehingga nantinya penerapan aplikasi Srikandi segera dapat dijalankan agar tata kelola pemerintahan menjadi lebih efektif dan efesien.

Muhammad Yusri menambahkan penggunanya aplikasi Srikandi ini mulai diterapkan pada tahun 2022.

Sedangkan manfaat dari penggunaan aplikasi Srikandi, sebut Yusri yakni memudahkan dalam mengakses sebuah data dan juga untuk pengamanan arsip.

Adapun peserta bimtek merupakan pegelola Srikandi di SKPD Pemkab Tanbu terdiri dari pengelola arsip dan Kasubbag Umpeg.

Materi yang disampaikan meliputi pengelolaan arsip elektronik, teori dan praktik pemberkasan, serta pemberkasan dan penyusunan pada aplikasi Srikandi.

Diketahui,Narasumber berasal dari Narasumber Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). (q cox, Imran)

Reply