PemerintahanPeristiwa

Luncurkan Serambi, Bi Jatim Gelontorkan 24,5 Triliun Rupiah Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Jelang Idul Fitri 1444 H

37
×

Luncurkan Serambi, Bi Jatim Gelontorkan 24,5 Triliun Rupiah Penuhi Kebutuhan Uang Masyarakat Jelang Idul Fitri 1444 H

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui _Kick Off_ Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023

Tidak hanya menyediakan layanan penukaran drive thru, kas keliling ritel, dan penukaran melalui perbankan, masyarakat juga didorong  untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai dengan memanfaatkan layanan penukaran  menggunakan QRIS dan EDC, serta mengikuti QRIS _experience_ donasi Rp2.503, disamping perluasan kas keliling ziarah 5 (lima) makam wali dan di jalur mudik.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto menyampaikan bahwa BI telah menyiapkan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah di Jawa Timur sebesar Rp24,5 triliun atau meningkat sebesar 8,4% dibandingkan realisasi tahun 2022 (Rp22,6 triliun) sejalan dengan perbaikan pertumbuhan ekonomi, peningkatan mobilitas masyarakat, dan kegiatan mudik jelang Idul Fitri 2023. Dari Rp24,5 triliun tersebut, disiapkan untuk kota Surabaya sebesar Rp12,6 Triliun, meningkat 11,5% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp11,3 Triliun.

Pada kick off SERAMBI 2023, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurnia turut mencoba penukaran uang menggunakan QRIS. “Saya mengapresiasi Bank Indonesia Jawa Timur yang selalu memberikan layanan terbaik kepada masyarakat untuk menukarkan uang yang layak edar. Bahkan tahun ini sebagian loket pelayanan drive thru juga menerima penukaran secara non tunai menggunakan QRIS. Saya sudah mencoba dan berhasil,” tuturnya.

Pada tahun ini, BI Jatim memperluas area layanan kas keliling ritel di sejumlah jalur yang akan dilalui pemudik, a.l. di _rest area_ tol dan pos mudik gratis Dishub Jatim melalui sistem penukaran menggunakan aplikasi (PINTAR) maupun non aplikasi. Selain itu, layanan penukaran uang juga disediakan bagi peziarah di area 5 (lima) makam wali songo Jawa Timur, yaitu makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Giri Gresik, Sunan Drajat Lamongan, Sunan Gresik, dan Sunan Bonang Tuban.

BI Jatim secara aktif dan konsisten juga berinovasi dalam mengakselerasi adopsi pembayaran digital, salah satunya melalui QRIS _Experience_ sbg bagian dari pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023.

Melalui layanan tsb, masyarakat penukar layanan _drive thru_ dapat mengikuti _amazing race_ edukasi transaksi digital, mengisi Survei layanan QRIS serta berdonasi untuk tempat ibadah sebesar Rp 2.503 berhadiah minyak goreng. Filosofi QRIS Rp 2.503 adalah untuk mengabadikan momentum pelaksanaan kegiatan _Kick Off_ SERAMBI Jatim 2023 yang bertepatan di tanggal 25 Maret 2023. 

 “BI Jatim selalu konsisten dalam menyediakan layanan prima dan inovatif melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah masyarakat Jawa Timur menjelang HBKN. Tentunya hal tersebut perlu diharmonisasikan dengan edukasi CBP Rupiah agar masyarakat dapat lebih bijak dalam berbelanja di momen HBKN ini,” tutup Budi.

Untuk memudahkan masyarakat, KPwBI Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan perbankan membuka 500 titik layanan penukaran di seluruh kantor perbankan wilayah kerja BI Jatim. Loket penukaran di bank umum buka setiap Selasa s.d Kamis pukul 08.30 WIB s.d 11.30 WIB, sedangkan di BPR buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 s.d 11.30 WIB.

Selain penukaran melalui perbankan, BI Jatim juga kembali menyediakan layanan drive thru, sejak 25 Maret s.d. 16 April 2023, setiap hari Sabtu dan Minggu berlokasi di halaman kantor BI Jatim. Terdapat 2 sesi layanan yang masing2 akan melayani 1000 penukar, yakni sesi I pada pukul 09.30 WIB s.d 11.30 WIB, serta sesi II pada pukul 13.00 WIB s.d. 15.00 WIB.

Untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi penukaran, masyarakat  yang akan menukar uang melalui perbankan dan layanan _drive thru_ juga didorong untuk menggunakan QRIS dan EDC yang tersedia di loket. Adapun kuota penukaran maksimal senilai Rp3,8 juta untuk setiap penukar. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *