Mabes TNI dan Jasa Marga Gelar Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi

JAKARTA (Suarapubliknews) – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi dalam rangka mempercepat program vaksinasi nasional yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Mabes TNI melalui Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI,

Koordinator Vaksinasi Drive Thru Jagorawi BAIS TNI Kolonel Inf Piter Dwi Andrianto mengatakan kegiatan yang masih menjadi bagian dari vaksinasi massal “Serbuan Vaksinasi” TNI ini bertujuan untuk mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 sehingga herd immunity bisa segera tercapai.

Selain itu, vaksin yang sudah teruji aman dan halal ini juga sebagai kunci agar kegiatan masyarakat kembali normal secara perlahan sehingga kesehatan pulih dan ekonomi pun bangkit. “Kami menyediakan dua jenis vaksin yang berbeda, untuk yang ke arah Bogor kami sediakan vaksin Pfizer dengan 200 dosis per harinya dan untuk yang ke arah Jakarta menggunakan vaksin Sinovac yang mencapai 1.000 dosis per harinya,” katanya..

Vaksinasi Drive Thru di Jalan Tol Jagorawi bertempat di dua arah Jalan Tol Jagorawi baik arah Jakarta maupun arah Bogor dengan pembagian lokasi registrasi dan screening serta lokasi vaksinasi yang berbeda di tiap arahnya. Kegiatan berlangsung selama satu bulan ke depan hingga 30 September 2021 sejak pukul 08.00 sd 15.00 WIB. Turut mendukung kegiatan ini yaitu Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Puskesmas Cilandak dan Puskesmas Cipayung.

Corporate Secretary Jasa Marga Reza Febriano menyatakan bahwa Jasa Marga mendukung penuh BAIS TNI dalam menyelenggarakan kegiatan vaksinasi ini serta berharap dalam periode satu bulan ke depan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, khususnya pengguna jalan tol.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan jumlah individu yang sudah divaksin sehingga turut serta mendukung Pemerintah dalam percepatan vaksinasi nasional. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum yang memenuhi syarat dan ketentuan berlaku, terutama bagi pengguna jalan tol yang menggunakan akses Jalan Tol Jagorawi sebagai rute harian,” tambahnya.

Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, lalu lintas harian rata-rata (LHR) di Jalan Tol Jagorawi pada bulan Agustus 2021 adalah sekitar 366.000 kendaraan per harinya untuk di kedua arah.

“Kami mendorong pengguna jalan yang belum melakukan vaksin atau yang baru melakukan vaksin tahap pertama untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan screening dilakukan di rest area dengan mekanisme walk thru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sementara itu, kegiatan vaksinasi dilakukan secara drive thru sehingga bisa lebih cepat dan aman karena tidak menimbulkan kerumunan karena peserta yang di vaksin bisa tetap berada di dalam kendaraannya masing-masing,” tutup Reza.

Untuk memastikan pengguna jalan yang mengakses Jalan Tol Jagorawi tetap aman dan nyaman, Jasa Marga memastikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol tetap terpenuhi dengan melakukan perambuan dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi vaksin untuk memastikan kelancaran lalu lintas di jalan tol. Selain itu, untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga melakukan sosialisasi melalui media sosial, media massa serta media luar ruang seperti spanduk, umbul- umbul hingga Variable Message Sign (VMS). (q cox, tama dinie)

Reply