BisnisNasionalPeristiwa

Meningkatkan Ekosistem Digital Asia Tenggara: DE-CIX Jakarta kini aktif

176
×

Meningkatkan Ekosistem Digital Asia Tenggara: DE-CIX Jakarta kini aktif

Sebarkan artikel ini

JAKARTA (Suarapubliknews) ~ PT DECIX Indonesia Pratama, perusahaan patungan antara DE-CIX, operator Internet Exchanges (IXs) terkemuka di dunia, dan PT IDMarco Digital Solusi, anak perusahaan Salim Group, mengumumkan Internet Exchange barunya, DE-CIX Jakarta, sekarang aktif dan menghubungkan pelanggan.

Dibangun di atas platform DE-CIX Apollon yang telah memenangkan penghargaan, DE-CIX Jakarta didistribusikan di dua pusat data di Jakarta, JKT2 NTT dan Pusat Data Matrix JKT2, dengan akses ke 95% pasar Jakarta. Lebih dari 10 pelanggan pertama, termasuk jaringan domestik dan internasional, sedang dalam proses terhubung.

CEO DE-CIX Ivo Ivanov menjelaskan IX terintegrasi ke dalam ekosistem DE-CIX ASEAN yang sudah ada, yang kini mencakup tujuh pasar metro utama: Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Johor Bahru, Penang, Brunei, dan Manila.

Pelanggan di lokasi mana pun dapat bertukar lalu lintas Internet dengan jaringan di IX lainnya, menawarkan koneksi tanpa batas, layanan interkoneksi berkualitas tinggi untuk kebutuhan wholesales dan enterprise, dan cara paling efisiensi dalam segi cost untuk melakukan peering di seluruh Tenggara Asia.

Indonesia, dengan populasi terbesar dan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara, merupakan langkah tepat berikutnya bagi DE-CIX di Asia Tenggara. Ketika kota-kota besar seperti Singapura dan Hong Kong kehilangan relevansinya karena meningkatnya pembatasan di masing-masing negara, pihaknya kini melihat investasi jutaan dolar mengalir ke pasar seperti Jakarta untuk melayani kebutuhan lokal.

“Para pemain global kini merencanakan kedatangan mereka di pasar Indonesia dan mengharapkan kualitas layanan interkoneksi dan latensi yang sama bagi pengguna akhir seperti yang mereka dapatkan di pasar-pasar utama lainnya. Di DE-CIX, kami siap melayani kebutuhan jaringan lokal dan internasional untuk memberikan konektivitas terbaik dan tangguh ke cloud, konten, dan aplikasi bagi masyarakat dan bisnis Indonesia,” katanya.

IX akan terhubung langsung ke DE-CIX Singapura, sehingga menggabungkan DE-CIX Jakarta ke dalam ekosistem interkoneksi Asia Tenggara dan menyediakan interkoneksi terbaik di kelasnya untuk penyedia jaringan, penyedia layanan cloud, dan perusahaan, yang didukung oleh SLA terkemuka di industri.

DE-CIX Jakarta akan menggabungkan interkoneksi lokal dan regional, termasuk pelayanan Cloud Exchange, dan akan memberikan pengalaman yang lebih bagik bagi pengguna di Indonesia, bersama dengan beragam layanan interkoneksi cloud yang disesuaikan untuk kebutuhan perusahaan.

Direktur DE-CIX Indonesia Thomas Dragono menambahkan perekonomian Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan besar di tahun-tahun mendatang. Solusi terintegrasi mendukung cloudifikasi yang sedang berlangsung, transformasi konten, dan lokalisasi lalu lintas di Indonesia, serta menawarkan akses tanpa batas ke cloud dan konten yang dihosting di Singapura “Dengan hadirnya DE-CIX Apollon di Jakarta, seluruh jaringan di tanah air diajak untuk memanfaatkan platform DE-CIX yang terbaik di kelasnya,” jelasnya.

Selain layanan peering untuk interkoneksi jaringan secara langsung, platform ini juga mencakup pertukaran cloud mutakhir dan kemampuan perutean cloud serta layanan interkoneksi tingkat perusahaan lainnya, serta portal layanan mandiri dan API untuk memudahkan pengelolaan dan otomatisasi layanan interkoneksi. Pertukaran cloud menyediakan akses langsung ke cloud AWS, Microsoft Azure, Google, IBM, dan Oracle. (q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *