Menyambut Ramadan, PDIP Surabaya Susun Agenda Kegiatan Berbasis Gotong Royong Non Stop

SURABAYA (Suarapubliknews) – PDI Perjuangan Kota Surabaya menyambut penuh rasa syukur dan kebahagiaan atas hadirnya bulan Ramadan. Apalagi, datangnya bulan suci umat Islam ini seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19, dan Surabaya dinyatakan daerah dengan status PPKM Level 1.

Sehingga umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, dapat beribadah di masjid serta musala dengan kapasitas 100 persen.

“Kita sambut datangnya Ramadan dengan penuh rasa syukur dan kebahagiaan. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam di bulan suci. Bulan penuh pengampunan, bulan penuh keberkahan, dan bulan penuh refleksi agar kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi,” ujar Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono.

PDIP Surabaya, lanjut Adi, menyiapkan berbagai program menyambut Ramadan untuk menggapai keberkahan. “Program-program tersebut memadukan tiga aspek, yaitu spiritual, relasi sosial, dan kegotongroyongan,” ujar Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

“Marhaban ya Ramadan! Selamat memasuki bulan suci, bulan yang penuh ampunan dan keberkahan. Di kantor DPC PDI Perjuangan Surabaya akan digelar berbagai kegiatan yang berbasiskan gotong royong sesama kader partai,” jelas H. Budi Leksono, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya.

Kegiatan itu, kata Budi, seperti tadarus dan salat tarawih berjemaah, dan berbagai kegiatan lain. Kegiatan melibatkan para ustadz, kiai dan para pengurus Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi). Bamusi adalah organisasi sayap partai berlambang banteng tersebut.

Budi menambahkan, PDIP Surabaya juga akan menyalurkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Konsepnya bukan pembagian di jalanan, melainkan di komunitas hingga kampung-kampung.

Dikatakan Budi, PDIP Kota Surabaya akan memberikan santunan anak yatim ke sejumlah panti asuhan. Santunan diharapkan bisa menghadirkan keceriaan dalam menjalani ibadah Ramadan dan Lebaran mendatang.

“Kita mendorong tumbuhnya relasi sosial yang baik melalui zakat dan sedekah. Berbagi kepada sesama, saling sambung rasa, hadir di tengah masyarakat, sesuai arahan Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri,” jelas Budi Leksono.

“Ini semua digerakkan oleh gotong royong semua kader, sehingga program ini bukan menjadi program pengurus saja, tetapi membumi hingga akar rumput di kampung-kampung, di RT dan RW,” imbuh Budi, yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya.

Ketua Bamusi Surabaya Abdul Ghoni Mukhlas Niam menambahkan, berbagai program yang digelar keluarga besar PDIP Surabaya itu diharapkan bisa memperkuat spiritual para kader, sekaligus meneguhkan kerja keras untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kita sambut Ramadan yang penuh kegembiraan, diisi dengan khusyu menjalankan ibadah di bulan suci ini, berbagi kepada sesama, dan memperkuat persaudaraan,” kata Ghoni, yang juga alumni UIN Sunan Ampel dan mantan aktivis PMII. (q cox)

Reply