MTQ Nasional Tanbu Ke 18 Resmi Ditutup, Sekda Ambo Sakka Puji Pelaksanaan Hingga Penutupan

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H. Ambo Sakka menutup secara resmi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Ke-18 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) tahun 2022 yang terselenggara di Kecamatan Angsana 2 – 8 September 2022.

Menariknya dalam penutupan ini Sekda memberikan apresiasi yang begitu tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini,mulai pembukaan hingga penutupan.

“Saya berikan apresiasi yang tinggi kepada panitia dan semua pihak yang terlibat karena pelaksanaan tahun ini adalah MTQ Tingkat Kabupaten yang tersukses dan termeriah penyelenggaraannya,” ucap Ambo Sakka saat penutupan MTQN Ke-18 Tingkat Kab. Tanbu, Rabu (07/09/2022) malam, di Angsana.

Sekda menambahkan, setelah mencermati, mengevaluasi, serta memberikan penilaian maka penyelenggraan MTQN Ke-18 dari kualitas dan kuantitas mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Dilihat dari jumlah peserta, maka lomba tahun ini pesertanya terbanyak selama melaksanaan gelaran MTQ tingkat Kabupaten.

Sedangkan dari segi kualitas, semua cabang yang diperlombakan ada pesertanya, karena berkaca dari tahun-tahun sebelumnya beberapa cabang yang tidak ada pesertanya.

“Alhamdulillah MTQ tahun ini seluruh cabang lomba terisi. Ini menunjukan bahwa, Insyaallah kedepan Tanbu berjaya di tingkat provinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ambo Sakka yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tanbu meminta kepada seluruh Camat agar peserta MTQ tahun ini dapat difungsikan pada program Bupati memakmurkan Satu Mesjid Satu Desa.

Karena dilihat dari jumlah peserta lomba sebanyak 626 orang yang jika dimaksimalkan mengisi program satu mesjid satu desa untuk menjadi pelatih bagi adik-adik mereka di mesjid, maka akan banyak melahirkan qori-qoriah dan hafidz-hafidzah lagi untuk mengikuti MTQ selanjutnya.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQN Ke-18, Liana Hamita, mengatakan bersyukur, bahagia, dan bangga atas lancar dan suksesnya penyelenggaraan MTQN Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ke-18 yang dilaksanakan di Kecamatan Angsana.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan tenaga, pikiran, dan kontribusi lainnya untuk kelancaran kegiatan MTQN Tingkat Kab. Tanbu ini, semoga partisipasi semua pihak menjadi amal ibadah yang di ridhoi Allah SWT.

Camat Angsana Liana Hamita berharap kepada semua pihak setelah terselenggaranya kegiatan MTQ tersebut dapat menjadi penambah wawasan serta penghayatan dan cinta pada Al-Qur’an yang merupakan tuntunan bagi kehidupan umat muslim.

Sementara itu, pemenang lomba pada MTQN ke-18 Tingkat Tanbu yakni Juara Umum Perorangan diraih Rahmadi utusan dari Kecamatan Kusan Tengah, Juara Umum Daerah yaitu Kecamatan Angsana, dan Juara Festival Rebbana yaitu utusan Kecamatan Angsana.

Sedangkan untuk pelaksanaan MTQN Ke-19 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023 akan dilaksanakan di Kecamatan Karang Bintang. (Imran)

Reply