Muncul Wacana Tunda Setoran Deviden, Riswanto Sepakat dengan PDAM Surya Sembada

SURABAYA (Suarapubliknews) – Riwanto,Skom,Mikom anggota Komisi B DPRD Surabaya bisa memahami kondisi PDAM Surya Sembada Kota Surabaya dan sepakat dengan usulan pengelolaan kembali dana deviden yang seharusnya disetorkan ke Pemkot Surabaya.

Apalagi, kata Riswanto, dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan pipa induk sepanjang 380 Km serta pembelian air baku dari Sumber Umbulan Pasuruan.

“Kalau saya sepakat apabila Pemkot menunda untuk mengambil Deviden, karena PDAM memang lagi butuh banyak dana untuk mengoptimalkan operasional dan maintenance,” ucap politisi PDIP ini. Selasa (10/12/2019)

Menurut Bang Ris-sapaan akrab Riwanto, perbaikan pipa induk milik PDAM memang sudah waktunya, karena keberadaannya sejak dari jaman Belanda (barang bekas/peninggalan)

“Selama ini PDAM butuh dana besar, tapi dari Pemkot tidak pernah ada dana penyertaan, sehingga beban PDAM bertambah apabila UMBULAN sudah beroperasi. Pasalnya PDAM harus membeli air Baku,” tandasnya.

Artinya, lanjut Bang Ris, PDAM harus menjual dengan harga Premium. “Itu harus dengan jaringan pipa baru yang kualitasnya harus FOOD GRADE. Sementara untuk penggantian jaringan pipa yang Food Grade itu butuh biaya besar,” pungkasnya. (q cox)

Reply