Nama Imam Syafi’i Gantikan Valentinus Boro Beda di DCT KPU Surabaya, Kenapa?

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Ternyata penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya untuk anggota DPRD Kota Surabaya mengalami perubahan dari Daftar Calon Sementara (DCS).

Kabar ini disampaikan Nurul Amalia Divisi Teknis Komisioner KPU Surabaya. “Ada perubahan untuk caleg dari Partai NasDem daerah pemilihan 1 nomor 1,” katanya. Kamis (20/9/2018)

Menurut dia, dalam DCS, caleg dari Partai Nasdem untuk dapil 1 nomor 1 semula adalah Valentinus Boro Beda, namun pada penetapan DCT telah diganti oleh Imam Syafi’i.

“Selain itu tidak ada perubahan lagi. Semua tetap seperti DCS,” ujarnya.

Diketahui bahwa dari 701 bakal calon anggota legislatif yang didaftarkan partai politik ke KPU Surabaya beberapa waktu lalu sudah melakukan perbaikan sebanyak 693 bacaleg. Sedangkan yang disahkan KPU untuk masuk DCS sekitar 692 bacaleg.

Penetapan DCT tersebut, lanjut dia, dilakukan dalam rapat pleno KPU Surabaya yang dihadiri para komisioner KPU, sekretaris KPU dan kasubag KPU. “Hari ini baru ditetapkan. Kalau pengumumannya barus besok,” katanya.

Saat ditanya alasan pergantian bacaleg dari Nasdem tersebut, Nurul mengatakan hal itu berdasarkan masukan masyarakat yang kemudian diproses oleh partai dengan mencabut keanggotaan bacaleg bersangkutan.

“Sehingga bacaleg tersebut menjadi TMS (tidak memenuhi syarat) karena kartu anggota dicabut dan partai bisa mengganti dengan yang baru,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Nasdem Surabaya Sudarsono sebelumnya mengatakan ada persyaratan yang tidak bisa dipenuhi bacaleg bersangkutan sehingga diganti dengan bacaleg lainnya.

Saat ditanya alasan persyaratan apa yang membuat bacaleg tersebut tidak memenuhi persyaratan sementara sudah masuk dalam DCS, Sudarsono enggan menjelaskannya. “Masih dalam pembahasan di internal,” katanya singkat. (q cox)

Reply