Jatim RayaPemerintahan

Optimalkan Program Deradikalisasi, BNPT RI Bersama Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Resmikan Warung NKRI

25
×

Optimalkan Program Deradikalisasi, BNPT RI Bersama Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur Resmikan Warung NKRI

Sebarkan artikel ini

JEMBER (Suarapubliknews) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) berkolaborasi dengan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur meresmikan Warung NKRI yang merupakan akronim dari ‘Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan Negara Kesatuan Republik Indonesia’.

Warung NKRI merupakan program BNPT RI dan diterjemahkan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur sebagai wujud nyata konsep pentahelix strategis melibatkan berbagai unsur masyarakat maupun lembaga – lembaga non profit dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan membangkitkan rasa persatuan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Timur, Edi Supriyanto menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan serta berdirinya Warung NKRI di Jember ini, yang mana merupakan program deradikalisasi upaya mengurangi dan menghilangkan paham radikal di masyarakat, melalui pendekatan lunak atau soft approach dengan pemberdayaan ekonomi, UMKM, masyarakat dan penyintas.

“Dengan harapan dapat menjadi pelopor dalam mewujudkan revitalisasi nilai – nilai Pancasila serta dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, semoga dengan adanya Warung NKRI ini dapat mewujudkan kemaslahatan masyarakat di Jawa Timur. Juga dapat mendukung mewujudkan kemandirian ekonomi bagi mitra deradikalisasi, penyintas, warga sekitar, serta masyarakat yang terlibat,” urainya

Peresmian Warung NKRI ini merupakan wujud inovasi dan  upaya pencegahan radikalisme dengan mengoptimalkan peran serta semua elemen masyarakat dan stakeholder lainnya. Ia juga menyampaikan harapan Gubernur Jawa Timur bahwa semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi seluruh elemen masyarakat khususnya dalam mempelopori persatuan dan kesatuan bangsa.

Edi mengungkapkan bahwa meskipun jabatannya sebagai Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur ini masih baru, tapi Ia menyatakan siap bersinergi dengan BNPT maupun Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur.

“Kebetulan pada hari ini, saya baru menjabat sebagai kepala Bakesbangpol baru tiga hari. Dan InsyaAllah saya mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap bersinergi dengan BNPT dan gerakan pramuka tingkat provinsi maupun sampai bawah. Kami bangga dengan gerakan pramuka dan siap sinergi dengan BNPT, juga siap mengawal supaya Jawa Timur tetap aman, nyaman dan kondusif,” tuturnya.

Kepala BNPT RI Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Boy Rafli Amar mengungkapkan Warung NKRI ini adalah program kontra propaganda dari jaringan intoleransi radikal teroris “InsyaAllah adanya Warung NKRI ini adalah yang ke 16 kalau tidak salah, Warung NKRI ini adalah program kontra propaganda dari jaringan intoleransi radikal teroris yang terus melakukan propaganda penetrasi nilai – nilai pada generasi muda Indonesia agar generasi muda tidak cinta kepada bangsanya,”ungkapnya.

Warung NKRI ini dibentuk adalah untuk mengajak generasi muda berdialog serta berdiskusi, karena Warung NKRI ini adalah ruang demokrasi. Apalagi mengingat para anak muda ini juga merupakan generasi penerus pemimpin bangsa.

Usai apel peresmian Warung NKRI dan dialog kebangsaan ini, juga diadakan pelepasan relawan dan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang berupa tandon air, genset listrik, peralatan instalasi listrik dan air, terpal, matras, popok bayi, dan selimut yang mana sumber dana berasal dari bumbung kemanusiaan Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Timur. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *