Panwascam Dilantik, Ketua DPRD Surabaya: Jaga Netralitas dan Cegah Kecurangan Pemilu 2024

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, mengucapkan selamat atas pelantikan panitia pengawas Pemilu 2024 tingkat kecamatan (Panwascam). Ia berharap seluruh pengawas bisa menjaga netralitas, independen dan bekerja profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Selamat atas dilantiknya seluruh Panwascam di Kota Surabaya. Kita semua berharap Panwascam bisa bekerja dengan profesional, independen dan menjaga netralitas,” ujar Adi, Jumat (28/10/2022).

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono dan Wali Kota Eri Cahyadi berkesempatan hadir dalam pelantikan 93 personil Panwascam dari 31 kecamatan. Masing-masing kecamatan 3 personil.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kota Surabaya, Mohammad Agil Akbar, Kamis (28/10/2022). Juga dihadiri KH Achmad Muhibin Zuhri serta jajaran perwakilan pimpinan daerah yang lain.

“Pemilu serentak 2024 akan menyita banyak energi, dan berjangka waktu lama. Tugas Panwascam adalah menjaga keseluruhan tahapan Pemilu dapat dilaksanakan dengan tertib, kondusif, demokratis dan adil. Jangan sampai terjadi kecurangan dan penyelewengan,” ujar Adi.

Pada Pemilu 2024, yang terdiri dari pemilihan presiden-wakil presiden dan pemilihan anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, akan dilakukan 14 Februari 2024. Masa kampanye dimulai sejak bulan Nopember 2023.

Sedangkan Pilkada serentak 2024, dilakukan untuk memilih gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota akan dilakukan pada bulan Nopember 2024.

“Kita berharap semua Panwascam mengawasi dan menegakkan seluruh regulasi Pemilu dengan fair. Cegah terjadinya kecurangan! Sekaligus memfasilitasi hak-hak politik masyarakat untuk bertemu dengan kandidat dan menyerap gagasan-gagasan mereka,” ujar Adi.

Dikatakan, DPRD Kota Surabaya memberikan dukungan sepenuhnya bagi pelaksanaan Pemilu 2024 yang profesional dan berintegritas, Luber dan Jurdil.

“Dukungan diberikan DPRD melalui tugas dan fungsi kami, terutama fungsi pengawasan dan penganggaran. Sehingga pelaksanaan kinerja Bawaslu dan Panwascam bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” kata Adi.

“Sekali lagi, selamat kepada seluruh personil Panwascam yang telah dilantik. Selamat bekerja untuk Pemilu 2024 yang demokratis, Luber dan Jurdil. Kita jaga kondisivitas Surabaya. Dan, pelaksanaan Pemilu benar-benar dirasakan masyarakat sebagai pesta demokrasi,” kata Adi. (q cox)

Reply