NasionalPemerintahanPeristiwa

Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Cukup di Jelang Lebaran, Pemkab Tanbu Terjunkan Tim Pemantau

29
×

Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Cukup di Jelang Lebaran, Pemkab Tanbu Terjunkan Tim Pemantau

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Sebelum melakukan sidak kepasar pasar Tradisional ataupun pasar modern, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu H.Ambo Sakka memberikan arahan kepada tim yang terlibat dalam pemantauan harga di pasar ataupun ketersediaan stok di pergudangan.

Langkah pertama yang diarahkan sekda di saat rapat tersebut yakni agar tim menyisipkan barang yang sudah kadaluwarsa untuk dipisahkan. Kemudian bila ada kelangkaan barang, maka tim segera mungkin melakukan pengecekan ditempat agen atau pergudangan.

Dia sampaikan pula, bahwa sidak ini dalam rangka memastikan ketersediaan bahan pokok dan harga di pasaran dengan harapan ketersediaan tersebut aman selama bulan puasa hingga menjelang lebaran idul fitri 1444 hijiriah.

Dalam sidak itu pula Sekda bersama tim langsung memantau ke pasar harian Kecamatan Simpang Empat, Selasa (04/04/2023)

“Alhamdulillah,kami menjamin untuk menghadapi hari raya idul Fitri stok kebutuhan aman,”kata Ambo Sakka

“Harapan kami kepada masyarakat bahwa agar dalam bulan puasa ini agar tetap tenang beribadah dan insyaallah pemerintah akan selalu hadir dalam memantau ketersediaan ataupun pengendalian harga sampai pada Idul Fitri atau idul adha,”paparnya.

Saat ditanya awak media tentang harga beras dipasaran,Sekda pun menjamin itu tetap aman,baik dari segi harga maupun ketersediaannya.

Lanjutnya, dimana saat ini sudah masuk musim panen, ditambah cuaca di wilayah Jawa timur dan Sulawesi dianggap tak masalah.

“Penyebab sebelumnya telah mengalami gagal panen atau paceklik,dan saat ini sudah masuk musim panen ,hanya saja yang bermasalah itu berada pada beras lokal seperti Mayang ,kerena pernah gagal panen di Hulu sungai atau Banjarbaru,” terangnya.

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tanah Bumbu (DKUMP2 Tanbu) Deni Hariyanto menjelaskan bahwa hasil pantauan di pasar, maka harga kebutuhan relatif tak ada kenaikan yang signifikan, meskipun ada namun tak begitu signifikan.

“Saat kami melakukan pemantauan dipasar,harga relatif stabil ,meskipun ada namun itu hanya sedikit, seperti halnya nya telur ataupun harga ayam. Sementara daging sapi masih berkisar 150 ribu perkilogramnya.” tutupnya. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *