PDIP Surabaya Lakukan Baksos Kesehatan di Desa Terdampak Erupsi Semer

SURABAYA (Suarapubliknews) – Personel Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya terus bergerak membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Para personel Baguna PDIP Surabaya sejak Senin (6/12) telah berada di Lumajang, bersamaan dengan datangnya bantuan tahap pertama dari PDIP Surabaya.

”Hari Senin (6/12), kami datang langsung bergerak membagikan berbagai makanan siap santap termasuk biskuit. Juga membagikan berbagai bahan makanan, obat, vitamin, dan masker. Kami koordiasi dengan DPC PDI Perjuangan Lumajang dalam penyalurannya,” ujar Kepala Baguna PDIP Surabaya Agatha Retnosari saat dihubungi, Rabu (8/12/2021).

Para personel Baguna PDIP Surabaya pun langsung bergerak membantu warga. Mereka membantu proses evakuasi warga. ”Kami membantu perpindahan bapak-ibu lansia. Kami arahkan ke tempat tinggal sementara sesuai arahan otoritas terkait,” jelas Agatha.

Pada Selasa (7/12), tim Baguna PDIP Surabaya menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Jarit, salah satu desa terdampak. ”Kami juga membawa personel tenaga kesehatan yang memang disiapkann untuk membantu warga dari sisi medis,” ujar Agatha yang telah menginap beberapa hari di Lumajang untuk langsung membantu warga.

”Keluhan yang dirasakan masyarakat antara lain batuk, pilek, diare, dan migrain. Ada pula yang tekanan darahnya tinggi. Kami membantu memastikan agar kesehatan warga terjaga, imunnya terjaga, supaya tidak sakit dalam kondisi lelah fisik dan mental saat ini. Kami pun memberikan obat dan vitamin sesuai kebutuhan fisik warga,” papar Agatha yang juga anggota DPRD Jatim.

Selain menggelar pemeriksaan kesehatan, pada Selasa (7/12), Baguna PDIP Surabaya juga mengirimkan kebutuhan air bersih dan air minum untuk warga. ”Kita bergotong royong memastikan aspek sanitasi tetap terjaga dengan baik karena hal itu sangat berkaitan dengan kesehatan warga,” kata Budi Leksono, wakil kepala Baguna Surabaya.

Budi menambahkan, pada Rabu (8/12), PDIP Surabaya akan kembali mengirimkan bantuan untuk warga terdampak awan panas guguran (APG) Semeru. Beragam jenis bantuan dikirimkan: personel dan relawan taktis, tenaga kesehatan, beras, mi instan, obat, vitamin, perlengkapan ibu dan anak, pakaian layak pakai, susu bayi, biskuit, air minum, terpal, sarung, dan sebagainya.

”Kita terus bergotong royong demi kemanusiaan, sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujarnya.

Setelah Rabu (8/12), bantuan tahap berikutnya akan diluncurkan PDIP Surabaya pada Sabtu (11/12). Semua bantuan tersebut berasal dari gotong royong para kader serta anggota Fraksi PDIP di DPRD Surabaya.

”Bahkan sampai tadi malam, para kader di tingkat kecamatan hingga RW terus bergotong royong. Ada yang mengumpulkan pakaian layak pakai, donasi beras, mi instan, dan sebagainya,” pungkas Budi. (q cox)

Reply