Pemerintahan

Pemkot Surabaya Buka Layanan Aktivasi IKD di Mal Setiap Akhir Pekan

32
×

Pemkot Surabaya Buka Layanan Aktivasi IKD di Mal Setiap Akhir Pekan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) terus berinovasi memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat. Bahkan terbaru, pemkot membuka layanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Mal Surabaya setiap akhir pekan.

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mengatakan, bahwa pelayanan aktivasi IKD di mal tersebut, bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Mal di Kota Pahlawan. Pelayanan ini sekaligus dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 730 setiap tanggal 31 Mei dengan agenda tahunan adanya Surabaya Shopping Festival (SSF).

“Jadi Disdukcapil Surabaya berinisiatif untuk mengadakan kerja sama dengan pihak Asosiasi Pengelola Mal Kota Surabaya untuk memfasilitasi masyarakat melakukan aktivasi IKD di Mal sembari berbelanja,” kata Agus Imam Sonhaji, Sabtu (13/5/2023).

Menurut dia, aktivasi di mal tersebut sebagai bentuk pelayanan jemput bola kepada masyarakat. Ini diharapkan pula agar ketika pasokan blanko KTP-el dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di awal 2024 sudah dihentikan, maka warga Surabaya sebagian besar sudah memiliki IKD atau KTP Digital. “Setelah sukses uji coba pelayanan aktivasi IKD di Galaxy Mal pada minggu lalu. Di akhir pekan ini dan seterusnya dilaksanakan serentak di beberapa lokasi mal sekaligus,” ujarnya.

Agus pun menjabarkan persyaratan yang dibutuhkan masyarakat untuk mengajukan aktivasi IKD di Mal. Di antaranya, sudah memiliki KTP-el atau pernah melakukan perekaman KTP-el. “Kemudian, memiliki gawai atau smartphone berbasis android, dan dapat mengoperasikan gawai atau smartphone dengan baik,” sambungnya.

Sebelum mengajukan aktivasi IKD kepada petugas, Agus menuturkan bahwa para pemohon diharapkan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui Playstore. Kemudian pemohon mengisi data diri dan melakukan swafoto atau selfie untuk mempersingkat durasi aktivasi. “Jumlah aktivasi IKD sampai hari ini per pukul 12.00 WIB mencapai 51.875,” pungkasnya.

Adapun jadwal layanan aktivasi IKD dibuka pada Sabtu-Minggu tanggal 13-14 Mei dan 27-28 Juni 2023 di lima mal Surabaya. Yakni, Grand City Mall, Trans Icon, Plaza Surabaya, Galaxy Mall dan Ciputra World. Layanan di lima mal tersebut dibuka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Kemudian pada Sabtu-Minggu tanggal 20-20 Mei dan 3-4 Juni 2023, layanan aktivasi IKD tersedia di dua mal Surabaya, yakni Pasar Atom dan World Trade Center (WTC). Layanan di kedua mal tersebut dibuka mulai pukul 10.00- 16.00 WIB.

Selanjutnya pada Sabtu-Minggu tanggal 21-21 Mei dan 3-4 Juni 2023, layanan aktivasi IKD juga tersedia di Plaza Marina, Kaza Mall, Maspion Square dan Lagoon Mall. Layanan di empat mal tersebut dibuka mulai pukul 10.00-21.00 WIB. (Q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *