Pemkot Surabaya Gelar Istighosah HJKS Ke-729, PDIP Apreasiasi Wali Kota Eri Cahyadi

SURABAYA (Suarapubliknews) – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya, H. Budi Leksono, mengapresiasi langkah Wali Kota Eri Cahyadi dan Pemerintah Kota yang menggelar istighosah untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-729.

Budi Leksono menghadiri istighosah di kawasan Tugu Pahlawan, Minggu (29/5/2022) malam. Bersama Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

“Kami mengapresiasi langkah Wali Kota Pak Eri Cahyadi dan Pemerintah Kota Surabaya. Di momen HJKS Ke-729, kita berdoa bersama, bermunajat ke hadirat Allah SWT, untuk kemaslahatan dan kemakmuran seluruh warga Kota Surabaya. Untuk kemajuan dan keselamatan kota yang kita cintai ini,” ujar H. Budi Leksono, yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Selama 2 tahun sejak Maret 2020, Kota Surabaya dirundung pandemi Covid-19 yang memerosotkan berbagai aspek kehidupan. Terutama pertumbuhan ekonomi Surabaya.

“Berkat kerja keras kita semua, dengan gotong royong yang guyub dan bahu-membahu dari seluruh warga Surabaya, sekarang pandemi Covid-19 sudah jauh terkendali. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji, Surabaya mencapai PPKM Level 1. Kini, kita fokus pada pemulihan ekonomi serta normalisasi kehidupan,” kata Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Surabaya.

HJKS Ke-729 ditandai dengan berbagai kegiatan, yang digelar terbuka. Seperti festival rujak uleg, pertandingan sepakbola persahabatan antara Persebaya dengan Persis Solo di GBT, pembukaan car free day, pawai bunga dan budaya, pertandingan basket pelajar, bakti sosial dan lain sebagainya.

“Kita tahu, masyarakat antusias dengan rangkaian HJKS ke-729. Selain bergembira, dengan istighosah dan lantunan bersholawat ini mengajak warga Surabaya untuk mensyukuri segala nikmat yang dianugerahkan pada kita. Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, mendengarkan dan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan dari hati yang tulus,” kata Budi Leksono.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya itu terlihat larut melantunkan sholawat bersama-sama ribuan peserta. Istighosah dipimpin Habib Ahmad Edrus Al Habsyi. Hadir para habaib lain, kiai, bu nyai, ustadz dan ustadzah, serta ulama NU KH Agoes Ali Masyhuri yang memberikan siraman rohani. Serta ulama sepuh KH Abdul Muchid Murtadho dan Habib Najib Alhadad yang memberikan doanya.

Juga hadir Rois Syuriah PCNU Kota Surabaya KH Mas Sulaiman, Ketua PCNU Kota Surabaya KH Ahmad Muhibbin Zuhri, Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol. Akhmad Yusep Gunawan, dan pimpinan DPRD Kota Surabaya.

“Kita berharap, HJKS ke-729 menjadi momentum kebangkitan Surabaya. Menuju kota yang berkelas dunia, kota yang maju dan sejahtera rakyatnya. Berkat doa dari para pemuka agama dan seluruh masyarakat Kota Surabaya,” kata Adi.

Peringatan HJKS ke-729 juga diisi kegiatan MTQ, penghafal Alquran, dan karya ilmiah yang anak-anak muda pelajar Surabaya. Piala para pemenang diserahkan di panggung, sebelum istighosah.

Selain piala, para pemenang juga mendapatkan hadiah uang pembinaan dari Pemkot Surabaya. Piala bergilir Wali Kota Surabaya diraih Kecamatan Rungkut, yang diterima Camat Habib.

“HJKS 729 juga diisi sejumlah kegiatan MTQ dan keagamaan lain, yang melahirkan para pelajar berprestasi. Kita berharap even-even ini diadakan setiap tahun, sehingga memperkuat generasi muda penerus bangsa yang mempunyai akhlak dan ketagwaan,” kata Budi Leksono. (q cox)

Reply