Pemkot Surabaya Percantik TMP dan Makam Pahlawan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2022, Kota Surabaya terus bersolek. Sejumlah tempat bersejarah di Kota Pahlawan kembali dipercantik. Seperti di antaranya, Taman Makam Pahlawan (TMP) di Kota Surabaya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad mengatakan, bahwa renovasi ini dilakukan dalam rangka menyambut datangnya Hari Pahlawan. Renovasi dilakukan untuk membuat kompleks pemakaman terlihat lebih cantik.

“Kita lagi melakukan pembenahan TMP. Yakni, TMP 10 Nopember, Makam Pahlawan Bung Tomo, WR Supratman dan Dr Soetomo,” kata Irvan Wahyudrajad saat dihubungi Sabtu (5/11/2022).

Pembenahan TMP dan sejumlah Makam Pahlawan ini sifatnya ringan. Seperti di antaranya melakukan pengecatan tembok, pagar dan batu nisan. Tak hanya itu, perbaikan terhadap tembok atau pembatas pagar bangunan yang telah rusak juga dilakukan.

“Rehab ringan, mayoritas pengecatan. Minggu ini (6/11/2022) selesai sebelum 10 November 2022,” terang mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya ini.

Dalam prosesnya, Irvan menyebutkan, setidaknya ada sekitar 10 orang petugas DPRKPP yang diterjunkan pada setiap TMP atau Makam Pahlawan yang dilakukan pengecatan. “Kita terjunkan 10 orang,” ungkap dia.

Di lain hal, Irvan juga mengungkapkan, bahwa DPRKPP telah selesai melakukan revitalisasi Rumah Kelahiran Bung Karno di Jalan Peneleh Surabaya. Perbaikan rumah kelahiran Presiden Pertama RI tersebut, dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak bulan Juni 2022 lalu.

Setelah direnovasi, Irvan menyebut, bahwa aset bersejarah milik pemkot ini selanjutnya diserahkan ke Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya. “Rumah Bung Karno Peneleh sudah selesai kita rehab dan serahkan ke Disbudporapar,” tandasnya. (Q cox)

Reply