Pemkot Surabaya Undang 600 Warga, WNA Jerman Terpikat Prosesi Upacara Peringatan Hari Pahlawan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengundang 600 masyarakat yang tinggal atau berdomisili di Kota Surabaya untuk mengikuti kegiatan pelaksanaan prosesi upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Bahkan, ketertarikan masyarakat dalam mengikuti kegiatan upacara tersebut tidak hanya diikuti oleh warga Negara Indonesia, melainkan juga diikuti oleh warga negara asing yang berasal dari Negara Jerman.

“Hari ini ada 600 warga yang kita undang. Kenapa setiap upacara kita selalu mengundang warga? Kareha balai kota ini adalah rumah rakyat, maka semua masuk ke dalam rumah rakyat ini tanpa ada rasa takut, ragu, dan terbatas,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Sebab, menurutnya, dengan mengundang dan melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang digelar oleh Pemkot Surabaya, ia ingin menyatukan sudut pemikiran dan sudut pandang bersama masyarakat dalam  mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Inilah yang menjadi kekuatan kebersamaan dan menjadi makna kenapa selalu mengundang dan melibatkan warga,” ungkap dia.

Sementara itu, warga Kecamatan Tambaksari, Agus Agung Wibowo menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkot Surabaya karena telah mengundang masyarakat untuk bergabung menjadi peserta upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November di Halaman Balai Kota Surabaya.

“Terima kasih kepada Pemkot Surabaya yang telah mengundang masyarakat, karena Surabaya sebagai Kota Pahlawan diharapkan para generasi muda bisa semakin bersemangat dalam belajar. Sebab, kedepannya merekalah yang akan menggantikan kepemimpinan di Surabaya,” kata Agung.

Hal senada juga disampaikan oleh Adi Tjokrowisastro warga Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Ia mengaku bahwa baru kali pertama mengikuti prosesi kegiatan upacara di Halaman Balai Kota Surabaya. Adi juga mengajak para generasi muda untuk melanjutkan semangat para pahlawan yang telah berjuang  bagi Negara Indonesia.

“Generasi muda harus meneruskan semangat para pejuang dengan melawan kemiskinan dan kebodohan karena harus berjuang untuk bangsa dan negara. Terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji yang telah mengundang kami sebagai peserta dan melibatkan kami untuk hadir mengikuti upacara,” ujar Adi.

Tak hanya diikuti oleh masyarakat Kota Surabaya, prosesi upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November juga diikuti oleh warga Negara Jerman, Charlos. Ia mengetahui kegiatan tersebut dari akun instagram @sapawargasby. Yakni, akun instagram resmi yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya.

“Disana banyak sekali rangkaian acara selama Peringatan Hari Pahlawan. Saya juga mendapat informasi dari teman – teman bahwa Peringatan Hari Pahlawan sangat penting bagi warga Surabaya. Selamat untuk masyarakat Kota Surabaya dan Selamat Hari Pahlawan,” pungkasnya. (Q cox)

Reply