Pendaftaran Program Pengembangan PAUD HI Bisa Lewat Aplikasi Profil Sekolah

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Roadshow PAUD Holistik Integratif (HI) di 31 Kecamatan. Dalam roadshow tersebut, Bunda PAUD Surabaya, Rini Indiriyani mengenalkan 16 Perangkat Daerah (PD) yang masuk dalam program dan kegiatan intervensi PAUD HI.

Ketua Pokja Bunda PAUD Surabaya, Thussy Apriliyandari mengatakan, Roadshow PAUD HI hari ketiga ini digelar di Gedung Sampoerna Academy, Kelurahan Banjarsugihan, Kecamatan Tandes. Thussy menerangkan, PAUD HI ini adalah program pengembangan anak PAUD yang melibatkan 16 PD di Surabaya.

Diantaranya Dinas Pendidikan (Dispendik), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Perpustakaan dan KEarsipan (Dispusif), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub) dan masih banyak lainnya.

“Jadi bukan hanya kerjasama dengan 16 PD itu saja, sesuai dengan SK Gugus Tugas PAUD HI, kami juga akan bekerjasama dengan lintas instansi lainnya. Seperti pemerhati PAUD dan sebagainya,” kata Thussy, Kamis (22/12/2022).

Dengan adanya program ini, setiap PAUD di Surabaya bisa mengajukan surat untuk mendapatkan program pengembangan anak PAUD kepada 16 PD di lingkup pemkot. Nantinya masing-masing PAUD di Kota Pahlawan bisa mengajukan program pengembangan tersebut melalui aplikasi Profil Sekolah.

“Secara otomatis datanya akan masuk mulai data sekolah, murid hingga tenaga pengajarnya, kemudian login ke dalam aplikasi Profil Sekolah kemudian ke Merdeka Belajar Educity Tour Kota Surabaya. Pendaftarannya sangat mudah dan terjadwal, selain itu tidak melebihi kapasitas,” jelas Thussy.

Thussy melanjutkan, dengan program pengembangan anak PAUD HI ini, setiap sekolah PAUD bisa memilih materi yang diinginkan. Misalnya, soal edukasi seksual pada anak usia dini atau pertanian, perpustakaan dan sebagainya.

“Nanti akan kami difasilitasi, asalkan ada surat resmi dari sekolah yang dilengkapi dengan tanda tangan dan stempel kepala sekolah. Kepala sekolah bisa menggunakan sistem pendaftaran tersebut atau datang langsung ke Graha Bunda PAUD,” pungkasnya. (Q cox)

Reply