Pemerintahan

Peringati 100 tahun KBS, Ini Kado Warga Surabaya

41
×

Peringati 100 tahun KBS, Ini Kado Warga Surabaya

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Tidak banyak masyarakat yang mengetahui jika sebenarnya Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan berulang tahun tepatnya pada tanggal 31 Agustus 2016, dan genap berusia 100 tahun.

Terlepas dari segala polemik yang pernah terjadi di intern manajemen KBS, beberapa elemen masyarakat berkeinginan untuk membuat acara peringatannya, karena keberadaan KBS kini tidak hanya menjadi lembaga konservasi, tetapi juga sudah menjadi wahana wisata dan edukasi bagi masyarakat Surabaya dan Jawa Timur.

Beberapa elemen masyarakat itu antara lain, Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) – Indonesia, Surabaya Punya Cerita, Turun Tangan Surabaya, Soerabaja Tempoe Doloe, Rumah Belajar Pandawa, Kelompok Produktif Inspiratif Soltif, dan Surabaya Creative Network.

“Dibantu beberapa komintas lainnya, kami akan menggelar berbagai acara di peringatan 100 tahun KBS ini dengan tema kado warga untuk kebun binatang Surabaya,” ucap Teguh Ardi Srianto ketua panitia, Selasa (18/10/2016)

Kegiatan itu antara lain, lanjut Teguh, pameran foto yang isinya merangkum kisah KBS dari awal berdiri hingga saat ini. Dan foto-foto ini memang didapatkan dari masyarakat yang dengan suka rela mengirimkan kepada panitia untuk dipamerkan.

“Kami nanti juga akan menyiapkan sebuah foto dengan ukuran khusus, dengan harapan bisa dilihat dan ditanda tangani oleh Wali Kota Surabaya,” jelas Bhakti Pundowo alias Ipung.

Tidak hanya itu, panitia juga akan meluncurkan buku berjudul “100 tahun KBS” yang disusun oleh Henry Nurcahyo dan Dhahan Adi dari elemen Surabaya Punya Cerita.

“Karena temanya kado, maka dalam buku 100 tahun KBS hanya memuat hal-hal yang positip saja, jadi yang baik- baik saja, tetapi saya juga mengakui bahwa sebenarnya isinya dalam bentuk draft, bukan buku, atau tepatnya kumpulan features,” terang Henry Nurcahyo.

Gebyar acara yang rencananya bakal digelar di Mall Grand City Surabaya ini juga akan disisipi acara talk show tentang KBS dan lingkungan hidup, live music, dan pameran design arsitektur KBS di masa mendatang. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *