Peringati Hari Pramuka, Wawali Armuji Berkomitmen Hadirkan Pramuka di Masyarakat

SURABAYA (Suarapubliknews) – Peringatan Hari Pramuka diperingati setiap tahun di Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, peringatan Hari Pramuka sekaligus menjadi momentum 60 tahun kiprah Gerakan Pramuka di Indonesia. Momen upacara peringataan ke-60 gerakan Pramuka digelar secara virtual dan dipusatkan di halaman Grahadi Surabaya, Minggu (15/8/2021).

Wakil Wali Kota Surabaya sekaligus Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Surabaya Armuji mengikuti prosesi upacara peringatan ke-60 gerakan pramuka secara virtual di Balai Kota didampingi oleh Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Wahyu Hidayat. Meski menghadiri secara virtual, tidak mengurangi rasa khidmat Wakil Wali Kota Armuji dalam mengikuti rangkaian prosesi upacara peringatan Hari Pramuka.

Wawali Armuji mengatakan, peringatan Hari Pramuka di Jawa Timur (Jatim) dilaksanakan serentak secara virtual. Di usia ke-60 tahun, gerakan pramuka telah banyak memberi sumbangsih untuk bangsa Indonesia. “Kita serentak se Jatim baik itu virtual maupun langsung di Grahadi. Tahun ini memperingati hari Pramuka yang ke-60 dengan tema berbakti tanpa henti,” kata Cak Ji sapaan akrabnya.

Memasuki usia yang ke-60, Cak Ji megungkapkan, gerakan pramuka sudah memiliki banyak pengalaman bermasyarakat. Oleb sebab itu, ia ingin gerakan pramuka berkomitmen untuk hadir di tengah – tengah rakyat saat pandemi Covid 19. “Pramuka sudah cukup tua, artinya mereka berpengalaman bermasyarakat, sudah terlatih seperti apa yang mereka lakukan dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya,” ungkapnya.

Cak Ji menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 gerakan Pramuka banyak menggelar kegiatan-kegiatan sosial. Di antaranya, menggelar vaksinasi Covid-19 massal, menggelar donor plasma konvalesen dan donor darah. “Di musim pandemi ini banyak sumbangsih yang dilakukan untuk masyarakat. Termasuk kita menggelar vaksinasi bersama, donor plasma, dan donor darah,” jelas Cak Ji.

Meski begitu, ia tetap mendorong seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) untuk lebih termotivasi menggelar kegiatan-kegiatan sosial dalam upaya membantu pemerintah mengatasi pendemi Covid-19. Menurutnya, hal tersebut akan membuat Pramuka menjadi lebih modern dan menunjukkan integritas di mata masyarakat.

“Harapan ke depannya tentunya makin banyak kwarcab yang bisa melakukan suatu motivasi daripada kegiatan-kegiatan sosial. Tentunya ini akan membawa suatu pramuka yang modern, pramuka yang benar benar mempunyai integritas dan pramuka yang tentunya sangat pancasilais,”

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Hj.Siti Maryam menerangkan, pada tanggal 11 Agustus 2021 Kwarcab telah menggelar Tahlil serta pembagian 150 paket sembako untuk anak yatim piatu dan warga pramuka.

“Setiap waktu Gerakan Pramuka di Kota Surabaya didedikasikan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat agar mereka tetap optimis menghadapi pandemi”, pungkasnya. (q cox)

Reply