Pemerintahan

Permudah Masyarakat Lakukan Pembayaran, Pemkot Surabaya Hadirkan Mobling PBB On The Weekend

94
×

Permudah Masyarakat Lakukan Pembayaran, Pemkot Surabaya Hadirkan Mobling PBB On The Weekend

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus berupaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu terobosan terbarunya ialah menghadirkan layanan Mobling PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) On The Weekend. Setiap akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu, masyarakat Kota Surabaya dapat mengakses layanan pembayaran tersebut di tempat-tempat keramaian, seperti pasar dan pusat perbelanjaan (mal).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Surabaya, Febrina Kusumawati mengatakan, Mobling PBB On The Weekend merupakan salah satu layanan pembayaran yang rutin digelar untuk mempermudah masyarakat. Meski demikian, pada weekday atau setiap hari Senin hingga Jumat, masyarakat juga bisa melakukan pembayaran PBB di kelurahan ataupun Balai RW

“Mobling sebetulnya setiap hari kita laksanakan, saat weekday digelar di kelurahan, atau Balai RW. Tapi kalau weekend, kita buka di titik-titik keramaian, seperti di CFD (car free day), mal, dan pasar. Jadi kita jemput bola mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Febrina Kusumawati, Sabtu, (30/3/2024).

Febri menjelaskan, Mobling PBB On The Weekend turut disambut dengan antusias oleh masyarakat. Sebab, warga cenderung sibuk atau tidak memiliki waktu luang saat weekday (hari kerja). Oleh karena itu, Bapenda Surabaya hadir tiap akhir pekan untuk membuka layanan pembayaran PBB.

“Kami memberikan fasilitas kemudahan kepada warga. Masyarakat sangat antusias karena di hari biasa terkadang warga tidak ada waktu, tapi kini bisa melakukan pembayaran pada akhir pekan. Kemudahan pelayanan ini supaya warga tidak perlu jauh-jauh ke kantor Bapenda di Jimerto Surabaya,” jelasnya.

Layanan Mobling On The Weekend akan terus berlangsung, namun akan berhenti sementara saat libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. “Setelah hari raya kami akan buka layanan kembali. Sebetulnya sejak Februari, kami sudah membuka layanan ini,” ujarnya.

Untuk info lebih lanjut mengenai jadwal dan lokasi pelaksanaan layanan Mobling PBB On The Weekend, masyarakat bisa mengakses akun instagram resmi Bapenda Surabaya melalui @bapendasurabaya. Proses pengumuman ini juga melalui kelurahan dan kecamatan se-Surabaya.

“Selain itu kita juga share informasi tersebut melalui WAG RT/RW/LPMK. Artinya, kami rutin memberikan pengumuman kepada masyarakat mengenai pelaksanaan Mobling PBB On The Weekend,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Bumi dan Bangunan dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Bapenda Kota Surabaya, Siti Miftachul Jannah menjelaskan bahwa layanan Mobling PBB bertujuan untuk mempermudah masyarakat melakukan pembayaran secara praktis.

“Tujuannya kita adalah untuk mengedukasi masyarakat. PBB bisa dibayar melalui pembayaran digital seperti QRIS, toko daring, virtual account, serta di minimarket. Di sinilah kita hadir untuk mengingatkan, sekaligus memberikan pelayanan,” kata Siti Miftachul Jannah

Siti Miftachul Jannah menuturkan, layanan Mobling PBB menyasar seluruh lapisan masyarakat. Layanan tersebut dihadirkan di pasar, kelurahan, Balai RW, kegiatan CFD, hingga mal.

“Pemkot hadir dalam memberikan solusi, kita sosisaliskan terus kepada masyarakat. Kami membantu masyarakat untuk memahami tata cara pembayaran sehingga lebih mudah,” tutur dia.

Di samping itu, jam operasional Mobling PBB On The Weekend di pasar, mulai pukul 07.00-11.00 WIB. Sedangkan di mal, mulai pukul 12.00-16.00 WIB. Namun, untuk di kawasan CFD selama Bulan Ramadan akan dihentikan sementara dan kembali berlanjut setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Antusias warga lebih ramai di mal karena cenderung sibuk saat hari biasa. Kita juga memberikan apresiasi kepada warga yang sudah membayar PBB, dengan memberikan cinderamata,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *