Jatim RayaPemerintahanPeristiwa

Pertama Kalinya Siswa Berkebutuhan Khusus Jatim Juara Umum LKSN PDBK

69
×

Pertama Kalinya Siswa Berkebutuhan Khusus Jatim Juara Umum LKSN PDBK

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Peserta didik Jawa Timur kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini, prestasi disumbangkan oleh siswa berkebutuhan khusus melalui Lomba Keterampilan Siswa Nasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus (LKSN PDBK) 2022. Senin (14/11/2022)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan rasa bangganya, dan juga memuji semangat serta motivasi anak-anak istimewa dalam berkompetisi. Menurutnya, di tengah keterbatasan dan kekurangan secara fisik yang dimiliki, siswa berkebutuhan khusus mampu menunjukkan jiwa kompetitifnya.

Ajang bergengsi tahunan ini, dinilai menjadi wadah aktualisasi diri bagi siswa berkebutuhan khusus. “Anak-anak ini tak kenal lelah dalam mengembangkan minat,  bakat dan prestasi. Mereka terus belajar dan berani berkompetisi, ini yang harus kita tiru, mereka anak-anak Jawa Timur yang hebat,” ujarnya.

Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Puspresnas Kemdikbud Ristek pada 24-27 Oktober 2022, para siswa Jawa Timur membawa pulang 3 medali emas dan 2 medali perak. Atas perolehan ini, Jawa Timur menjadi Juara Umum LKSN PDBK 2022 untuk pertama kalinya.

Mereka yang menyumbangkan medali emas yakni, Annisa Nur Kamila dari SLBN Gedangan Sidoarjo dengan bidang keterampilan Kecantikan, Akbar Setiawan SLBN Pandaan Kabupaten Pasuruan dengan bidang keterampilan Hantaran, dan Rosadatul Kibtiyah dari SMALBN Bondowoso dengan bidang keterampilan menjahit.

Selanjutnya medali perak diraih oleh Wahyu Wulandari dari SLBN Pembina Tingkat Nasional Bagian C Kabupaten Malang dengan bidang keterampilan membatik, dan Reza Abdul dari SLBN pandaan Kabupaten Pasuruan dengan bidang keterampilan merangkai bunga.

Gubernur  Khofifah menyebut jika prestasi ini buah dari kerja keras semua pihak, baik guru maupun kepala sekolah yang memberikan pembinaan secara matang kepada siswa. Tentu para orang tua yang juga luar biasa. Bahkan, beberapa sekolah meminta pihak industri untuk mendampingi latihan siswa secara langsung.

“Selamat untuk anak-anakku, terima kasih atas dedikasi luar biasa yang diberikan. Termasuk guru, kepala sekolah dan juga orang tua. Terima kasih telah mengharumkan nawa Jawa Timur di kancah nasional,” katanya

Gubernur Khofifah. menegaskan bahwa capaian Jatim sebagai Juara Umum LKSN PDBK ini melengkapi prestasi membanggakan yang sebelumnya juga telah diraih. Dimana Jatim telah meraih Juara Umum Olimpiade Sains Nasional selama tiga tahun berturut-turut yaitu tahun 2020, 2021 dan juga 2022.

Tidak hanya itu Jatim tahun ini juga berhasil menyabet dan Juara Umum Kompetisi Sain Madrasah. “Artinya, lengkap sudah kebahagiaan Jawa Timur khususnya untuk bidang pendidikan. Di Tiga ajang bergengsi mulai OSN, KSN dan kali ini LKSN PDBK, Jatim yang menjadi Juara Umum. Alhamdulillah, Alhamdulillah Alhamdulillah,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi menambahkan kematangan penampilan siswa tidak lepas dari hasil proses seleksi yang diadakan di tingkat kab/kota hingga provinsi yang melibatkan juri dari berbagai profesi, seperti dari industri, praktisi dan akademisi.

Dukungan Dinas Pendidikan sendiri untuk identifikasi siswa SLB yang mewakili Jawa Timur telah terbiasa dengan keterampilan berbasis Vokasi Istimewa yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur.

Wahid meyakini bahwa anak berkebutuhan khusus memiliki bakat dan potensi yang dapat dikembangkan sebagai bekal hidup masa depannya. “Para siswa ini banyak melakukan latihan, disamping itu mereka juga sudah menerapkan vokasi istimewa. Sehingga dapat mematangkan keterampilan yang dimiliki siswa,” tandasnya. (Q cox, tama dini)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *