Plh Wali Kota Surabaya Ajak PMI Ikut Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

SURABAYA (Suarapbliknews) – Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan menghadiri Konsolidasi dan Sosialisasi Kepalang Merahan PMI, Rabu (24/2/2021). Konsolidasi yang berlangsung di Kantor PMI Jalan Embong Ploso itu, dihadiri oleh pengurus PMI Surabaya masa bakti tahun 2021 – 2026.

Pada kesempatan itu, Plh Wali Kota Surabaya, Hendro Gunawan berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga PMI dapat berjalan dengan baik. Selain itu, ia juga mengucapkan selamat atas penetapan pengurus mulai dari dewan penghormatan hingga tingkat kecamatan di Kota Pahlawan.

“Selamat, sekali lagi. Semoga ini menjadi amalan untuk kita semua,” kata Hendro Gunawan mengawali sambutannya.

Ia mengungkapkan, jika menengok ke belakang hingga detik ini pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh jajaran PMI untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) dan menjadi duta kesehatan bagi keluarga maupun masyakarat secara luas.

“Karena kita tidak tahu sampai kapan selesainya Covid-19, sehingga kami imbau bapak ibu bisa menjaga prokes ini dengan baik,” pesan dia.

Tidak hanya itu, Hendro juga memaparkan, dalam beberapa waktu ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar vaksinasi secara masal di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), baik puskesmas maupun rumah sakit. Makanya, di kesempatan yang sama dia meminta bantuan kepada PMI untuk bersama-sama ikut menyosialisasikan pentingnya vaksin kepada masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat menerima informasi secara luas terutama manfaat vaksinasi itu sendiri,” tegasnya.

Bahkan, selain sosialisasi vaksin, kata Hendro,, donor plasma konvalesen juga menjadi fokus pemerintah dalam upaya menangani wabah dunia tersebut. Apabila terdapat penyintas Covid-19 yang belum donor plasma, maka tim PMI juga dapat membantu dengan mendata dan melaporkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Mohon kami dibantu memberikan informasi dengan segera. Agar dapat dilakukan sosialisasi kepada warga yang bersangkutan. Karena banyak warga yang membutuhkan,” paparnya.

Di momen itu, Hendro juga mengapresiasi kerja keras kegiatan markas PMI selama ini. Mulai dari kegiatan utama yaitu penyelamatan bencana, upaya penanganan kecelakaan hingga berbagai kegiatan sosial lainnya untuk masyarakat Kota Pahlawan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkot Surabaya benar-benar mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja keras dalam upaya membantu masyarakat,” ujarnya.

Sebagai informasi, adapun susunan pengurus PMI Surabaya masa bakti tahun 2021 – 2026, di antaranya adalah Pelindung diisi oleh Wali Kota Surabaya, Dewan Kehormatan Ketua, Febria Rachmanita. Kemudian untuk anggota ditempati oleh Supomo, R Moh Suharto Wardoyo, Aryati, Puspota Dewi Prijadi, In Iswari dan Totok Sudarto.

Berikutnya, untuk Ketua Hendro Gunawan, Wakil Ketua, Tri Siswanto, Ketua Bidang Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Informasi dan Komunikasi, Pengembangan Sumber Daya, Eko Haryanto, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Pelayanan  Kesehatan dan Sosial, Anggota, Relawan Pembinaan, Muchlas Udin.

Selanjutnya, untuk Ketua Bidang Pelayanan Darah diisi oleh Budi Arifah, Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan Tjatur Utari, Sekretaris ditempati oleh Agus Sjafii, Bendahara Hariyono Tjondronegoro. Anggota diisi oleh Moh Munif, Edy Subagyo, Samsul Arifin, Yunus Subandi Siauw, Triwahjoedi. (q cox)

Reply