HukrimNasionalPemerintahan

Polres Tanbu Turut Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Intan 2023

58
×

Polres Tanbu Turut Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Intan 2023

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Momentum lebaran, pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah / 2023, turut dilaksanakan Kepolisian Resor (Polres) Tanah Bumbu yang ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Ketupat Intan 2023, di halaman Mapolres Tanah Bumbu, Senin (17/4/2023) pagi.

Bertindak sebagai pemimpin upacara Kapolres Tanbu AKBP Tri Hambodo. Dihadiri unsur Forkopimda, para kepala SKPD, . Serta diikuti unsur TNI / Polri, Dishub, Satpol PP.

Dalam amanat tertulis Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres Tanbu bahwa, berbagai langkah dalam operasi ketupat 2023 diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H serta dapat mewujudkan mudik aman dan berkesan begitu pula arus baliknya.

”Berbagai pengaturan pada operasi ketupat 2023 harus didukung dengan penguatan komunikasi publik. Pastikan informasi bukan hanya send namun delivered. Siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh platform media, sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudiknya dengan baik,” pesannya.

Disamping itu lanjutnya, Kemenhub RI memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8 persen.

Berkaitan hal tersebut maka Presiden RI Joko Widodo menekankan bahwa “Hati hati ,tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik,dari 86 juta ke 123 juta dari survei.

“Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen,ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik,”paparnya.

Oleh sebab itu Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023 selama 14 Hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023 operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan akan dilanjutkan dengan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023

Operasi ketupat 2003 melibatkan 148 261 personel gabungan yang terdiri dari TNI Polri ,Kementerian terkait BNPB BMKG Basarnas Pertamina Jasa Raharja jasa marga Satpol PP Dinas Perhubungan Dinas Kesehatan pramuka, dan mitra Kamtibmas lainnya

Para personal tersebut nantinya akan menempati 2.787 pos dengan rincian , 1857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan dan 217 pos terpadu.

Selanjutnya perlu saya tekankan terkait permasalahan Lakalantas. Optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personil dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan.

Disamping itu, Ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan melakukan penguatan edukasi Tertib Berlalu Lintas, dan imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan .

Apabila terjadi Lakalantas segera lakukan pengalaman secara cepat untuk menolong korban serta upayakan jangan sampai implikasi terhadap kemacetan yang parah.

“Disampung itu tingkatkan pula himbauan kepada masyarakat agar memilih waktu perjalanan pada siang hari guna mengurangi kepadatan volume kendaraan tersebut, tentunya tahun lalu pemudik cenderung melakukan perjalanan pada malam hari khusus pada jalur penyebrangan ,” tutup. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *