PTPN XI Optimis Produktivitas Gula Nasional Naik

JAKARTA (Suarapubliknews)  Menjelang musim giling tahun 2022, PT Perkebunan Nusantara XI berharap produktivitas berjalan optimal sebagai upaya pemenuhan kebutuhan gula konsumsi dalam negeri dan pencapaian target swasembada gula nasional tahun 2024.

Komisaris Utama PTPN XI, Osmar Tanjung mengatakan untuk tahun giling 2022 ini pihaknya berharap produktivitas optimal yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi dan pencapaian swsembada gula.

“Beberapa upaya telah dilakukan manajemen PTPN XI di antaranya mengoptimalkan lahan agroforestry dengan perhutani, budi daya tebu back to basic, maintenance excellent off farm untuk meminimalisasi looses dan perbaikan dalam giling,” katanya.

Menurut Osmar hal penting lainnya sebagai kunci kesuksesan giling adalah kerja keras dan kolaborasi harmonis dengan semua stakeholder. Guna mencapai tujuan bersama dibutuhkan kolaborasi yang harmonis dengan stakeholder, serta kerjasama dengan semua pihak, termasuk membangun ekosistem kerja.

“Saling memperkuat, berdasarkan keyakinan kita sebagai bangsa yang merdeka, diantaranya kekompakan, kerukunan karyawan dan adanya dukungan dari mitra petani tebu. Semua ini dimaksudkan pada upaya mensejahterakan pekerja dan memakmurkan petani tebu,” tambahnya.

PTPN XI tahun 2022 mentargetkan produktivitas sebesar 80,7 ton per hektar atau naik dari tahun sebelumnya 75,8 ton per hektar, sedangkan jumlah tebu digiling sebesar 4,8 juta ton tebu naik dari realisasi tahun sebelumnya yakni sebesar 4,1 juta ton tebu. (Q cox, tama dinie)

Reply