BisnisJatim Raya

Rabu Dini Hari Nanti Tarif Tol Waru-Juanda Naik

68
×

Rabu Dini Hari Nanti Tarif Tol Waru-Juanda Naik

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Tarif Tol Waru-Juanda akan naik mulai Rabu (8/3/2023) dini hari nanti atau tepat pukul 00.00. Pengguna kendaraan yang hendak ke Bandara Juanda Surabaya dan sekitarnya melalui ruas tol ini akan naik antara Rp 500 – Rp 1.000.

“Kami sampaikan bahwa per 8 Maret pukul 00.00 nanti berlaku tarif baru untuk ruas Tol Simpang Susun Waru – Bandara Juanda,” terang Kepala Departemen Humas PT Citra Margatama Surabaya (CMS) Gatot Hadi Sumardiono, Selasa (7/3/2023).

PT CMS selaku pengelola ruas tol Waru-Juanda ini resmi memberlakukan tarif baru besok. Mengingat sudah dua tahun lebih tidak ada penyesuaian tarif di ruas tol sepanjang 12,8 KM ini.

Gatot menyebut bahwa pemberlakuan tarif baru itu disesuaikan dengan besaran laju inflasi di wilayah Surabaya. Kenaikaj tarif ini akan diikuti makin meningkatnya layanan tol.

Pemberlakuan tarif baru itu berlaku untuk semua golongan kendaraan. Kenaikan tidak lebih dari seribu perak. Untuk golongan I jika hendak ke Bandara Juanda dari Waru dari Rp 8.500 menjadi Rp 9.000.

Berikut pembetlakuan tarif tol ruas Simpang Susun Waru Bandara Juanda:
Gol I : Rp 8.500 menjadi Rp 9.000
Gol II : Rp 12.500 menjadi Rp 13.500
Gol III : Rp 12.500 menjadi Rp 13.500
Gol IV : Rp 17.000 menjadi Rp 18.000
Gol V: Rp 17.000 menjadi Rp 18.000.

Pihak CMS menyebut bahwa pemberlakuan tarif baru tol tengah kota ini sudah seusai dengan amanah UU 2/2022 perubahan UU 38/2004 tentang jalan. Bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

CMS selama ini memastikan bahwa standar layanan minimal (SPM) sudah berjalan baik. Mulai kondisi jalan, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan/penyelamatan dan bantuan penyelamatan hingga lingkungan sudah dipenuhi.

“Kami sudah memenuhi SPM hingga peningkatan kualitas jalan atau beautifikasi. Kami rutin melakukan pemeliharaan perkerasan jalan, dan pengecatan concreate barrier,” tambah Gatot.

Selain itu juga terus dilakukan perbaikan dan pengecatan guardrail, perbaikan sarana rambu-rambu lalu-lintas dan penanaman pohon guna penghijauan di sepanjang jalan Tol.

Jalan Tol Waru-Juanda adalah jalan bebas hambatan yang menghubungkan langsung ke Bandara Internasional Juanda, kawasan Industri Rungkut Surabaya, arteri primer Middle East Ring Road atau MERR hingga Kenjeran dan Jembatan Suramadu.

Tol Waru-Juana juga terkoneksi dengan ruas Jalan Tol Surabaya Gempol dan Surabaya Mojokerto atau Tol Trans Jawa. Bisa menuju tujuan manapun sehingga berperan serta mendorong pertumbuhan wilayah transportasi publik dan percepatan logistilk. (q cox, F)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *