Ranwal RKPD Tanbu 2024 Dibuka, Bupati Zairullah Azhar Tekankan Ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bupati HM Zairullah Azhar membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Bumbu tahun rencana 2024, bertempat di Gedung Mahligai Bersujud, Jumat (3/2/2023).

Dalam sambutannya Bupati Zairullah Azhar secara virtual menyampaikan bahwa rencana awal RKPD 2024 ini merupakan amanah peraturan perundang-undangan terkait perencanaan untuk menetapkan arah pembangunan yang akan dicapai di tahun 2024.

“Perencanaan yang disusun hendaknya berbasis pada permasalahan-permasahan yang aktual di Kabupaten Tanah Bumbu seperti infrastruktur, ekonomi, sosial, dan budaya,” kata Bupati.

Dalam Ranwal RKPD 2024 ini, Zairullah kembali mengingatkan agar mencantumkan hal-hal yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo kepada Kepala Daerah dan Forkopimda pada Rapat Koordinasi Nasional beberapa waktu lalu.

Beberapa arahan Presiden tersebut adalah kemiskinan, menjaga inflasi, pertumbuhan ekonomi, penanganan stunting, dan sejumlah isu lainnya.

“Saya pikir, beberapa arahan Presiden ini adalah masalah-masalah yang memang setiap tahun menjadi prioritas dalam RKPD di setiap daerah, tentu sesuai dengan ciri khas dan potensi yang ada di wilayah masing-masing,” ucap Bupati.

Disamping itu, Bupati juga minta agar potensi wisata yang ada di Bumi Bersujud ditingkatkan secara optimal agar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta beberapa isu strategis lainnya yang menjadi fokus utama dan prioritas pemerintah daerah.

“Targetnya adalah peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan PAD, dan pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda H Ambo Sakka, saat pembukaan Ranwal RKPD menyampaikan ucapan terimakasih kepada para undangan yang hadir dan bekerja keras dalam penyusunan Ranwal RKPD 2024.

“Mudah-mudahan forum ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan kita semua,” tuturnya.

Kepala Bappedalitbang Tanah Bumbu, Andi Anwar Sadat memaparkan bahwa RKPD memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, program prioritas pembangunan daerah, rencana kerja, pendanaannya, dan lainnya.

Menurutnya, RKPD ini memiliki kekuatan yang sangat penting dikarenakan akan menjadi pedoman bagi kita semua dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).

Kegiatan yang digelar Bappedalitbang diikuti Forkopimda, DPRD, Sekda secara virtual, seluruh Kepala SKPD, Perusahan, BUMD, swasta, serta steckholder lainnya. (q cox, Imran)

Reply