Respon Keluhan OJOL di Surabaya, Eri Cahyadi Siapkan Program Inovatif

SURABAYA (Suarapubliknews) – Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Calon Wakil Wali Kota Armudji menggelar cangkruk online bersama ojol (ojek online), untuk mendengarkan keluh kesah mereka dan mencarikan solusi di tengah pandemi Covid-19, Rabu (30/9/2020).

“Matur nuwun kawan-kawan ojol yang siang ini sudi meluangkan waktu diskusi online bersama kami. Sambung rasa ini akan memperkuat ikatan batin di antara kita, sehingga ke depan kebijakan-kebijakan bisa semakin mengakomodasi kepentingan kawan-kawan,” ujar Eri Cahyadi.

Eri yang mantan Kepala Bappeko Surabaya ini disambati ojol mengenai pendapatan yang menurun drastis selama pandemi. Sehingga dirinya bersama Armudji menggandeng paguyuban ojol untuk membuat program mengutamakan pekerja ojek online asal Surabaya, agar tetap bisa mendapatkan penghasilan.

“Kita siapkan sejumlah inovasi,” ujarnya.

Salah satunya, Eri bakal memperkuat kolaborasi antara pemerintah kota dan perusahaan penyedia layanan transportasi online.

“Misalnya, bisa kita perkuat kerja sama pengiriman dokumen maupun program-program di pemerintah kota dengan kawan-kawan ojol,” ujarnya.

Di samping itu, potensi ojol bisa dioptimalkan sebagai tenaga promosi wisata Surabaya.

“Bahwa ojek online ini bisa menjadikan tour guide. Surabaya terkenal dengan wisata heritage. Jadi kita kolaborasikan siapa nanti dari ojek online yang bisa membawa wisatawan ke tempat wisata,” tutur Eri.

Dari sisi kesejahteraan, lanjut Eri, program-program sosial dari pemerintah kota bisa menyasar ojol, mulai dari beasiswa hingga pelatihan kewirausahaan.

“Misalnya ada anak dari kawan-kawan ojol, bisa menjadi penerima beasiswa. Kemudian, istrinya bisa mendapat pelatihan kewirausahaan agar bisa mulai merintis usaha,” pungkas Eri. (q cox)

Reply