Ricuh Pimpinan Komisi B Bela PKL, Ketua DPRD: Kami Protes Keras kepada Kasatpol PP

SURABAYA (Suarapaubliknews) – Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengecam keras terjadinya kericuhan Wakil Ketua Komisi B Anas Karno dengan aparat Satpol PP tadi sore. Saat itu politisi PDI Perjuangan (PDIP) tengah membela PKL di Jalan Genteng Sidomukti.

“Kami mengecam keras insiden itu, padahal aparat Satpol PP sudah tahu kelau saudara Anas Karno adalah anggota DPRD. Kami akan sampaikan protes kepada Kepala Satpol PP,” ujar Adi Sutarwijono, Senin (23/12/12019) malam.

Ia mengatakan, Anas Karno turun ke lapangan karena mendapatkan pengaduan langsung dari PKL tentang penertiban aparat Satpol PP.

“Itu respon yang standar dari anggota DPRD, yang dipilih masyarakat. Tugasnya, memang membela rakyat. Tidak selayaknya aparat Satpol PP menanggapi sedemikian keras anggota Dewan yang bertugas,” ujar Adi.

Ia menegaskan, DPRD Surabaya melalui Komisi B akan memanggil Kepala Satpol PP Irvan Widayanto, berserta instansi lain terkait, Kamis (26/12/2019).

“Kalau ini dibiarkan, dan dianggap biasa, kejadian-kejadian serupa bakal menimpa anggota DPRD yang bertugas. Bahkan bisa-bisa diperlakukan lebih keras dan lebih buruk oleh Satpol PP,” kata politisi PDI Perjuangan (PDIP).

Ia mengetahui insiden di samping Gedung Siola melalui kiriman video yang direkam di lapangan. Kemudian Adi mendapatkan laporan dari Anas Karno.

“Saudara Anas Karno mendapatkan kontak langsung dari PKL yang terancam penertiban itu. Padahal sebelumnya sudah hasil rapat di Komisi B, yang diikuti Satpol PP. Hasilnya, kalau sudah ada pavingisasi, pedagang boleh jualan lagi,” kata Adi.

Ternyata, kejadian berikutnya bertolak belakang. Jalanan sudah dipaving, dan pedagang berjualan, malah yang turun puluhan aparat Satpol PP.

“Peristiwa itu tidak menghormati hasil rapat di gedung DPRD,” kata Adi.

Ia meminta Anas Karno konsisten membela rakyat kecil. “Jangan kendor. Terus membela rakyat. Tidak sekali ini saudara Anas Karno turun. Sebelumnya ia juga membela keras PKL di Jalan Anggrek,” kata Adi. (q cox)

 

 

Reply