PemerintahanPeristiwa

Saat Pengajian Gus Iqdam, Pemkot Alihkan Arus Lalu Lintas dan Siapkan Titik Parkir

196
×

Saat Pengajian Gus Iqdam, Pemkot Alihkan Arus Lalu Lintas dan Siapkan Titik Parkir

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas hingga titik-titik parkir pada saat acara pengajian akbar bersama KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Jumat (10/5/2024). Pengajian akbar dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 bersama Gus Iqdam ini didukung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Soe Priyo Utomo menjelaskan bahwa berdasarkan Rapar Koordinasi (Rakor), pihaknya sudah memutuskan untuk melakukan pengalihan arus di titik-titik tertentu, termasuk menyiapkan kantong-kantong parkir.

“Khusus untuk pengaturan arus lalu lintas, akan dilakukan penutupan Jalan Sedap Malam, karena tamu VIP akan diarahkan melalui Jalan BKR Pelajar dari arah Jalan Wijaya Kusuma untuk menuju area parkir VIP di Jalan Jimerto,” kata Soe Priyo, Rabu (8/5/2024).

Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Pemuda dan Jalan Gubernur Suryo menuju Balai Kota Surabaya juga akan ditutup dan akan dialihkan menuju Jalan Panglima Sudirman. Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Ngemplak dan dari Jalan Ketabang Kali atau Taman prestasi menuju Jalan Walikota Mustajab akan ditutup dan akan dialihkan ke Jalan Genteng Kali atau Jalan Simpang Dukuh.

“Lalu, arus lalu lintas dari Simpang Jalan Jaksa Agung Suprapto sampai Jalan Ambengan menuju Jalan Jaksa Agung Suprapto Selatan ditutup dan dialihkan ke Jalan Ambengan. Namun, beberapa pengalihan arus ini kondisional tergantung jamaah yang hadir, kalau jamaah banyak yang hadir akan kita tutup. Nanti banyak petugas Dishub yang bertugas untuk pengalihan arus ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Surabaya Jeane Taroreh juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan titik-titik parkir yang bisa dimanfaatkan oleh jamaah yang akan menghadiri pengajian akbar bersama Gus Iqdam. “Kami prediksi jamaah yang hadir puluhan ribu, makanya kami siapkan banyak titik parkir,” kata Jeane.

Adapun titik-titik parkir itu berada di tempat parkir Hi Tech Mall, Jalan Ambengan, Jalan Jaksa Agung, Jalan Kecilung, Jalan Pacar, Jalan Wijaya Kusuma, Jalan BKR Pelajar, Jalan Jimerto sisi Barat, Jalan Ngemplak, Jalan Walikota Mustajab, Jalan Slamet, Parkir Grand City, Parkir Delta Plaza, Jalan Ketabang Kali, Parkir WTC Mall, Parkir Bank Mandiri, Jalan Inspeksi, dan parkir Gedung Balai Pemuda.

Selanjutnya, jamaah juga bisa parkir di Jalan Taman Apsari, Jalan Embong Trengguli, Jalan Embong Kenongo, Parkir Yamaha Land, Jalan Embong Wungu. Selain itu, bisa pula di Jalan Simpang Dukuh, Jalan Genteng Kali, dan juga di Gedung Siola. “Sedangkan parkir VIP akan kami tempatkan di Jalan Jimerto,” tegasnya.

Ia juga memastikan bahwa sebanyak 200 petugas Dishub akan disiagakan di lapangan untuk mengatur arus lalu lintas dan juga mengatur parkir para jamaah. Oleh karena itu, ia juga berharap kepada para jamaah untuk tertib dan memarkir kendaraannya di tempat-tempat parkir yang sudah disiapkan.

“Karena ini jamaah pengajian, saya yakin akan tertib parkir kendaraannya. Semoga berjalan dengan aman, nyaman dan lancar semuanya,” pungkasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *