Sambut Dubes Kroasia, Wawali Armuji Berharap Ada Sister City di Bidang Pariwisata

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menyambut dengan hangat kedatangan Duta Besar Kroasia untuk Indonesia Nebosja Koharovic yang didampingi Indra Uno di Balai Kota Surabaya, Selasa (14/12/2021). Mereka disambut di ruang rapat Balai Kota Surabaya.

Dalam pertemuan tersebut, Wawali Armuji juga didampingi Bagian Kerjasama, Dinas Penanaman Modal, Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Pada kesempatan itu, Nebosja Kaharovic menyampaikan keinginan Kroasia membuka kantor Konsul di Kota Surabaya. Hal itu untuk mempererat hubungan diplomatik antara Kroasia dengan Indonesia, khususnya Kota Surabaya.

Menanggapi keinginan tersebut, Wawali Armuji menyampaikan bahwa pada prinsipnya Pemkot Surabaya menyambut baik apabila dibuka Konsul di Kota Surabaya. “Bahkan, saya juga berharap nantinya juga bisa dibangun kerjasama atau sister city antara Kroasia dengan Surabaya,” kata Armuji.

Ia turut kagum melihat Kroasia yang berpenduduk 4 juta jiwa tapi setiap tahunnya mendatangkan 20 juta wisatawan, sehingga menjadi income utama negara tersebut.

“Saat saya menjadi Ketua DPRD, pernah mengunjungi Kroasia dan di sana kota tuanya terawat, di Surabaya juga banyak warisan bangunan cagar budaya, sehingga nanti bisa menjadi Urban – Tourism. Nanti bisa transfer knowledge bagaimana hospitality-nya,” kata dia.

Oleh karena itu, untuk menindaklanjuti itikad baik dan kerjasama itu, maka pihak Kedutaan Besar Kroasia secepatnya akan bersurat kepada Pemkot Surabaya untuk menyusun naskah dan bentuk kerjasamanya. (q cox)

Reply