Pemerintahan

Sambut HJKS ke-728, Wali Kota Eri Gelar Lomba Promosi Produk UMKM Bagi Kepala OPD dan Camat

5
×

Sambut HJKS ke-728, Wali Kota Eri Gelar Lomba Promosi Produk UMKM Bagi Kepala OPD dan Camat

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Lomba Promosi Produk UMKM untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-728. Lomba yang dikhususkan bagi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya beserta para Camat se-Surabaya itu digelar dengan terbatas serta dengan protokol kesehatan ketat di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Pagelaran lomba ini disiarkan secara live melalui beberapa akun media sosial dan akun YouTube yang dikelola oleh Pemkot Surabaya. Lomba ini sengaja digelar untuk menggerakkan perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan tujuan digelarnya acara ini hanya satu, yaitu ingin terus meningkatkan dan menggerakkan produk-produk UMKM Kota Surabaya. Makanya, ia memastikan akan terus membantu memasarkan dan meyakinkan seluruh warga Kota Surabaya bahwa ekonomi Surabaya bisa bergerak jika UMKM-nya bisa bergerak.

“Tentunya, sambil kita terus mencegah penularan Covid-19 di Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri seusai lomba promosi produk UMKM di Balai Kota Surabaya, Sabtu (29/5/2021).

Ia juga selalu menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 dan perekonomian Surabaya adalah dua mata pedang yang sama-sama tajam, sehingga tidak boleh dibiarkan salah satunya berhenti. Wali Kota Eri mengaku tidak akan membiarkan ekonomi mati dan juga tidak akan membiarkan pandemi Covid-19 di Kota Surabaya terus bertambah.

“Oleh karena itu, kita harus menggerakkan ekonomi. Nah, ketika ekonomi bergerak pasti akan ada pertemuan orang, sehingga kita harus menguatkan pencegahan Covid-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Makanya, saya berharap dengan adanya acara ini ayo kita terus menggerakkan ekonomi dengan menguatkan protokol kesehatan, agar ekonomi di Surabaya bisa meningkat dan Covid-19 di Surabaya terus menurun,” tegasnya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga menjelaskan bahwa acara ini memang khusus untuk Kepala OPD dan Camat se-Surabaya. Alhasil, para Kepala OPD dan Camat ini menunjukkan kreatifitasnya dalam memasarkan produk-produk UMKM Kota Surabaya.

Lomba Promosi Produk UMKM ini dilakukan melalui dua tahap, pertama setiap OPD dan Camat membuat video sekreatif mungkin dalam memasarkan produk UMKM yang diupload di sosial media masing-masing, baik akun sosmed OPD atau pun akun pribadi. Kedua mereka tampil dipanggung yang telah disediakan sembari mempromosikan produk UMKM. Penampilan 20 peserta terbaik itu pun digelar di Balai Kota Surabaya hari ini.

“Dari 75 peserta yang ikut serta menyetorkan video promosinya, dipilih 20 peserta dan tampil pada hari ini. Kemudian, dari 20 itu dipilih enam peserta terbaik dan dua juara favorit. Fainsyallah 6 yang terbaik dan beberapa peserta lainnya akan ditampilkan juga di vidiotron di berbagai titik di Surabaya, jadi akan kita sampaikan kepada warga Surabaya,” ujarnya.

Melalui cara ini, ia juga ingin menunjukkan bahwa jajaran Pemkot Surabaya akan selalu support para UMKM sekuat tenaga. Hal ini dilakukan untuk membantu membangkitkan perekonomian Kota Surabaya melalui diri sendiri secara pribadi dan instansi.

“Kami juga berharap ayo seluruh warga Surabaya bersatu dengan kami untuk membangkitkan perekonomian Surabaya dengan menggerakkan UMKM Surabaya,” tegasnya.

Dalam lomba kali ini, para Kepala OPD dan Camat beradu akting dan kreatif dalam memasarkan produk UMKM.

Dari 20 peserta itu, dipilih enam juara terbaik, yaitu Juara Harapan 3 diraih oleh Bagian Humas, Juara Harapan 2 diraih oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Juara Harapan 1 diraih oleh Dinas Perpustakaan dak Kearsipan,  Juara 3 diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Juara 2 diraih oleh Bagian Umum, dan khusus Juara 1 akan diumumkan secara langsung pada saat upacara HJKS ke 728 di Balai Kota Surabaya.

Sementara juara favorit berdasarkan voting diraih oleh dua peserta. Juara Favorit 1 diraih oleh Bagian Humas dan Juara Favorit 2 diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Khusus juara favorit ini hadiahnya diserahkan langsung pada saat lomba dan diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak PPK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *